PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INQUIRY DENGAN PENDEKATAN ATI UNTUK MENFASILITASI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Risnawati .

Abstract


Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar yang valid dan praktis untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU. Strategi penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Pengembangan (Development Research). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahap penilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakan meliputi menganalisis materi yang dikuliahkan, analisis bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, merivieu literatur tentang pembelajaran, interviu dengan teman sejawat dalam hal ini dosen pengampu mata kuliah, serta mempelajari karakteristik mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe bahan ajar yang kemudian dikonsultasikan kepada pakar. Prototipe ini selanjutnya divalidasi oleh 5 (lima) orang pakar yang terdiri dari 2 (dua) orang pakar konstruk/rancangan dari Universitas Negeri Suska Riau, 3 (tiga) orang pakar kontent/isi dari Universitas Negeri Suska Riau dan Universitas Negeri Padang. Kegiatan tahap praktikalitas diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Suska Riau semester 2 (dua) dan diamati oleh 2 (dua) dosen pengamat. Kegiatan pengamatan efektifitas dilakukan sejalan dengan tahap praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) bahan ajar yang dirancang sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar media dan teknologi pendidikan, serta pakar matematika; 2) penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran tidak mengalami hambatan yang berarti, dalam arti praktis penggunaannya menurut penilaian observer dan mahasiswa serta dosen.

Kata Kunci: Bahan ajar, Inquiry, Valid dan Praktis


Full Text:

Hal. 228-238 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.