PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS RIAU PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasdengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mengikuti matakuliah Pengembangan Kurikulum Matematika Sekolah Menengah melalui penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pembelajaran diselenggarakan melalui lima tahapan yaitu: (1) konsep dasar (basic concept); (2) pendefinisian masalah (defining the problem); (3) pembelajaran mandiri (self learning); (4) pertukaran pengetahuan (exchange knowledge); dan (5) penilaian (assessment). Subjekpenelitian sebanyak 25 orang mahasiswa dan mengikuti pembelajaran dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar silkus I diperoleh melaui UTS (ujian tengah semester) secara tertulis sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh melalui UAS (ujian akhir semester) secara lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Pengembangan Kurikulum Matematika Sekolah Menengah. Persentase mahasiswa memperoleh nilai tergolong baik sekali meningkat dari 8 % menjadi 36 %, dan persentase mahasiswa memperoleh nilai tergolong baik meningkat dari 12 % menjadi 36 %. Persentase mahasiswa memperoleh nilai cukup, kurang, dan kurang sekali berturut-turut menurun dari 32 % menjadi 28 %, dari 44 % menjadi 0 %, dan dari 4 % menjadi 0 %.
Kata Kunci: pembelajaran berdasarkan masalah, kurikulum matematika sekolah menengah
Full Text:
Hal. 219-227 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.