PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X.1 SMAN 9 PEKANBARU
Abstract
Pengamatan di lapangan, umumnya hasil belajar matematika siswa masih rendah, hal ini dipicu aktivitas pembelajaran masih didominasi guru, siswa kurang diberi kesempatan mengunakan daya nalarnya untuk menyelesaikan masalah. Untuk itu telah dilakukan penelitian tindakkan kelas dengan desain modesl siklus, melalui penerapan pembelajaran kooperatif think pair square (TPS); bertujuan memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 9 Pekanbaru, subjek siswa kelas X.I; jumlah 32 siswa dengan tingkat kemampuan heterogen. Instrumen yang digunakan: satu set tes hasil belajar matematika, lembar pengamatan aktivitas (guru, siswa), perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKS). Aktivitas (guru, siswa) dianalisis dengan statistik naratif; hasil belajar matematika siswa: dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian: aktivitas (guru, siswa), telah terjadi perbaikkan proses pembelajaran setelah tindakan pada siklus 1 dan 2; peningkatan persentase jumlah siswa dari SD ke UH1: 9,37% (40,63% - 50,00%), UH1 ke UH2: 15,65% (50,00% – 65,63%). Kesimpulan: penerapan pembelajaran kooperatif TPS dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi dimensi tiga.
Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran kooperatif think pair square, Peningkatan, Hasil belajar matematika.
Full Text:
Hal. 208-218 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.