MERANCANG AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PENALARAN SISWA

Mukhtar, Muliawan Firdaus

Abstract


Salah satu keterampilan matematis yang sangat erat kaitannya dengan karakteristik matematika adalah keterampilan penalaran. Hal ini dikarenakan materi pelajaran matematika di sekolah dapat dipahami melalui penalaran, dan penalaran itu dipahami serta dilatihkan melalui belajar matematika. Dalam makalah ini diajukan sebuah aktivitas belajar matematika yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan penalaran mereka melalui diskusi kelompok dalam pemecahan masalah. Aktivitas yang diajukan memungkinkan terciptanya lingkungan belajar dengan kebiasaan bernalar sebagai rutinitas di dalam kelas dimana siswa saling medorong satu sama lain dalam menganalisis masalah, mencari dan menggunakan hubungan-hubungan, dan merefleksi solusi dari suatu masalah.

Katakunci:Aktivitas Belajar Matematika, Diskusi, Penalaran


Full Text:

Hal. 200-207 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.