PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk memberikan secara teoritis proses pembelajaran matematika dalam membangun karakter atau keperibadian yang bermartabat yang ditandai dengan pencapaian stigma memahami berarti memaafkan segalanya. Karakter adalah suatu perilaku yang telah mendarah-daging dan menjadi respon spontan manusia dalam menyikapi kejadian. Interaktif dapat melahirkan kebahagiaan, kepuasan dan martabat atau kemuliaan. Karakter merupakan perpaduan antara aturan dan tanggung jawab. Sistem pendidikan seperti ini disebut education touch dan pembelajaran dengan perasaan atau taste for learning. Karakter dalam pembelajaran matematika terbentuk pada penyelesaian masalah dan penalaran secara matematis. Dengan demikian, pembelajaran yang memuat proses konstruktif, interaktif dan reflektif adalah suatu proses pembelajaran yang sangat urgen untuk dilakukan pada zaman krisis moral sekarang ini.
Kata kunci : konstruktif, interaktif, reflektif ,karakter, berpikir kritis, kecerdasan emosional.
Full Text:
Hal. 171-181 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.