PENERAPAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI YANG BERBANTUKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Effie Efrida Muchlis, Syafdi Maizora

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada Program studi pendidikan matematika. 2) bagaimana hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada Program studi pendidikan matematika. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah trigonometri tahun akademik 2011/2012. Jenis  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur pelaksanaan tindakan: rencana tindakan Þ pelaksanaan tindakan Þ observasi Þ refleksi Þ rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes,  dan foto. Dari penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa 1) Cara mengktifkan pembelajaran trigonometri yang berbantukan macromedia flash 8 pada mahasiswa Program studi pendidikan matematika adalah sebagai berikut : (a) Meminta mahasiswa mengemukakan alasan pemilihan jawaban pada laman contoh dan latihan. (b)Memberi tugas untuk menemukan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya merupakan bentuk pemanfaatan konsep trigonometri.(c) Meminta mahasiswa untuk mempresentasikan tugasnya. (d) meminta mahasiswa mengemukakan pendapat saat pembelajaran. 2) Hasil belajar trigonometri meningkat yaitu dari nilai rata-rata 61,03 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 34,15 % pada siklus1 dan pada siklus 2 mencapai nilai rata-rata 71,34 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 53,66% serta pada siklus 3 mencapai nilai rata-rata 84,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85,37 %.

Kata kunci : macromedia flash 8, hasil belajar


Full Text:

Hal. 161-170 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.