PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGKONSTRUKSI BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA/MA

Edi Syahputra, Edy Surya.

Abstract


Makalah ini merupakan ringkasan hasil penelitian  tim  Pascasarjana tahun ke-2. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang dapat mengkonstruksi berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran matematika di SMA/MA. Subyek diseminasi terdiri dari  siswa kelas 11 SMA/MA pada 3 kabupaten/kota di Sumatera Utara yaitu SMA Swasta Yapim Taruna Stabat Kabupaten Langkat, SMK Negeri 6 Medan, SMA YPK Medan, dan MAN Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket, pedoman observasi, pedoman wawancara, buku ajar matematika siswa kelas 11 SMA/MA, buku pedoman guru, serta instrumen pretes dan postes. Pengembangan model diadopsi dari model Thiagarajan, Semmel & Semmel. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berbentuk buku teks matematika SMA kelas 11 dan buku pedoman guru yang mencakup langkah-langkah terstruktur untuk menyelesaikan permasalahan matematika berbasis pemecahan masalah yang dapat  mengkonstruksi berpikir tingkat tinggi. Hasil diseminasi menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada empat sekolah di tiga kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Kata kunci: model pembelajaran, berpikir tingkat tinggi


Full Text:

Hal. 125-137 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.