PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI
Abstract
LKS merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk mengembangkan LKS yang berbasi Reciprocal Teaching yang valid untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP secara efektif. Proses pengembangan perangkat merujuk pada model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dinilai valid oleh para ahli dengan kategori baik. LKS dapat dikategorikan efektif dengan merujuk pada siswa merespon positif, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan tinggi. Pembelajaran juga efektif meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan 81,08 % nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mencapai 71,91 %.
Kata Kunci : Pengembangan LKS, Reciprocal Teaching, Lingkaran
Full Text:
Hal. 107-114 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.