MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MATERI HIBRIDISASI KELAS XI SMA

Yerimadesi, Syukri S, Fitri Wijayanti

Abstract


Hibridisasi dan bentuk molekul yang diajarkan di SMA merupakan jenis konsep yang abstrak, sehingga sulit memahami dan menjelaskannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media alternatif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer yang layak digunakan untuk memahami konsep hibridisasi. Media dirancang dan dibuat menggunakan program macromedia flash 8,  disajikan dalam bentuk gambar, animasi sederhana, dan disertai dengan pertanyaan interaktif untuk menuntun siswa menemukan kesimpulan pada setiap penanaman konsep. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Uji kelayakan dilakukan kepada siswa kelas XI IPA di SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang berisi pernyataan menyangkut bentuk, motivasi, dan kepraktisan dari media. Data yang diperoleh dianalisis dengan skala Likert. Hasil analisis angket menunjukkan skor rata-rata kelayakan media untuk topik hibridisasi secara keseluruhan adalah 4,24. Skor ini diinterprestasikan pada kategori kelayakan dengan nilai standar kelayakan (r)  4. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis  komputer untuk materi hibridisasi sangat layak digunakan untuk pembelajaran kimia kelas XI SMA.

 

Kata kunci: bentuk molekul, hibridisasi, media berbasis komputer, uji kelayakan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.