MEDIA PEMBELAJARAN FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PADA PRAKTIKUM KIMIA ANALITIK

Dedeh Kurniasih, Tuti Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan kognitif mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak pada mata kuliah Praktikum Kimia Analitik I dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis flash. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan teknik pengukuran. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan rencana pengajaran dan soal posttest setiap siklus. Instrumen tersebut divalidasi oleh tiga orang pakar di bidang kimia dan media pembelajaran. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan media pembelajaran flash dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di Universitas Muhammadiyah Pontianak. Kemampuan kognitif mahasiswa mengalami peningkatan dari 8,82 % pada siklus pertama menjadi 82,35 % pada siklus kedua.

 

Kata Kunci: kemampuan kognitif, media pembelajaran flash, penelitian tindakan kelas, praktikum kimia analitik I

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.