PENGGUNAAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM DI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran mahasiswa adalah penggunaan strategi pembelajaran, Peneilitan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mind map dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah biologi umum di FMIPA UNP Padang. Metode peneitian yang digunakan adalah metode deskriptif.. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah Biologi Umum semester Juli - Desember 2014. Sampel adalah seluruh populasi (sampel jenuh) yang berjumlah 50 orang. Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa membuat mind map, kuis, lembar observasi dan wawancara. Data diolah secara deskrtiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind map dapat digunakan untuk evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Selain itu mahasiswa mereson baik setelah diterapkan stratergi pembelajaan dengan mind maP.
Kata kunci: Mind map, aktivitas, hasil belajar, biologi.
Full Text:
HAL : 482-491 (PDF)Refbacks
- There are currently no refbacks.