BUKU IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM SOLVING DAN LITERASI SAINS UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Rahmawati D, Heffi Alberida, Vioni Kurnia Armus

Abstract


Buku IPA Terpadu dari Kemendikbud tahun 2013 belum secara keseluruhan melatihkan kemampuan problem solving dan belum mengarahkan siswa untuk memahami pengetahuan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari (literasi sains). Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa buku IPA Terpadu berbasis problem solving dan literasi sains untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model penelitian pengem-bangan Plomp yang meliputi lima fase. Pada penelitian ini, hanya dilaksanakan empat fase: fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, dan fase evaluasi dan revisi, sedangkan fase implementasi tidak dilaksanakan. Subjek penelitian adalah 5 orang validator, 2 orang guru, dan 30 orang siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa buku IPA berbasis problem solving dan literasi sains untuk siswa kelas VII SMP. Hasil uji validitas mencapai kriteria valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Hasil uji praktikalitas oleh guru mencapai kriteria praktis dan oleh siswa mencapai kriteria sangat praktis dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, dan manfaat. Dengan demikian, disimpulkan bahwa buku IPA yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan sangat praktis digunakan untuk siswa.

Kata kunci: Buku IPA Terpadu, Problem Solving, Literasi Sains


Full Text:

HAL : 421-430 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.