PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK BERORIENTASI PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI KELAS XII SMA

Mariani Natalina, Arnentis, Falziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian autentik berorientasi pendekatan ilmiah pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas XII SMA. Penilaian autentik terdiri dari penilaian tertulis, sikap, unjuk kerja, produk, proyek, diri sendiri dan penilaian portofolio. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dan uji coba terbatas di SMAN 8 Pekanbaru pada bulan Juni sampai dengan Desember 2014. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Lembar validasi di nilai oleh validator internal dan validator eksternal. Lembar validasi diisi untuk tiap-tiap jenis penilaian yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil pengembangan penilaian autentik berorientasi pendekatan ilmiah pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas XII SMAdiperoleh data sebagai berikut: Penilaian tertulis dengan rata-rata 3.5, penilaian sikap dengan rata-rata 3.6, penilaian unjuk kerja dengan rata-rata 3.6, penilaian produkdengan rata-rata 3.5, penilaian proyek dengan rata-rata 3.4, penilaian diri sendiri dengan rata-rata 3.5 dan penilaian portofolio dengan rata-rata 3.4. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatasdengan menggunakan angket penilaian diri sendiri pada 34 orang siswa kelas XIIIPA 2 SMAN 8 Pekanbaru. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa penilaian autentik pada mata pelajaran biologi SMA kelas XII memperoleh kategori sangat valid dan dapat diimplimetasikan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: penilaian autentik, pendekatan ilmiah, pertumbuhan dan perkembangan.


Full Text:

HAL : 386-396 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.