PROFIL KARYA TULIS ILMIAH PADA GURU MATA PELAJARAN SAINS DI SMP KOTA PEKANBARU

Yustina . .

Abstract


Berdasarkan hasil diskusi dan observasi yang dilakukan pada guru mata pelajaran sains di SMP kota pekanbaru dalam bulan Juni tahun 2014, diperoleh informasi bahwa masalah utama pada guru dikelompok MGMP sains adalah rendahnya  hasil karya tulis ilmiah khususnya pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah dilakukan penelitian deskriptif profil karya tulis ilmiah pada guru Sains di kota Pekanbaru pada bulan Agustus-Desember 2014.Populasi penelitian adalah guru dari 15 SMP di kota Pekanbaru.Sampel penelitian ditentukan secara pertimbangan, yaitu guru sains yang mengajar di kelas VIITahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 35 guru.Instrumen penelitian adalah angket Quetioner tertutup dengan menggunakan skala lingket. Angket meliputi tentang kendala-kendala dan produk guru dalam karya tulis ilmiah. Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan profil produk dan kendala-kendala  penulisan karya tulis ilmiah (PTK) pada guru sains. Validasi  angket aspek produk penulisan PTK dari 5 item pernyataan didapat nilai Alpha Cronbach (0,758 sd 0,830), soal angket mengenai kendala-kendala dalam penulisan karya ilmiah dari 6 item pernyataan dengan nilai Alpha Cronbach (0,800 sd 0,870). Selanjutnya angket digunakan untuk mengumpulkan data.Data diolah secara frekuensi, persen, ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas karya tulis PTK dikategorikan rendah. Kendala  dalam penulisan karya tulis ilmiah adalah motivasi dan pengetahuan tentang PTK dikategorikan Cukup, serta kreativitas dan keterampilan personal-interpersonal khususnya dalam ICT di kategorikan Kurang, sedangkan komunikasi dan kerjasama dikategorikan Sangat Baik. Simpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa kurangnya perbaikan proses pembelajaran melalui PTK dikalangan guru sains di kota Pekanbaru.

Keyword : Karya tulis ilmiah, produk, PTK, kendala,  Guru


Full Text:

HAL : 259-267 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.