MEDIA INTERAKTIF UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP KELAS VII

Heffi Alberida, Fitri Arsih, Ridwan

Abstract


Media interaktif yang dapat melatih kemampuan problem solving siswa SMP kelas VII belum tersedia. Untuk itu dikembangkan media interaktif berbasis problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media interaktif yang valid dan praktis berbasis problem solving pada materi pokok sistem organisasi kehidupan untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (design research) menggunakan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari 5 fase yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/ konstruksi (realization/ construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation and revision) dan fase implementasi (implementation). Namun, penelitian ini baru sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek penelitian adalah 4 orang validator, 3 orang guru dan 30 orang siswa untuk praktikalitas. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa media interaktif berbasis problem solving. Media interaktif yang dihasilkan dikategorikan valid dari aspek substansi materi, tampilan komunikasi visual, desain pembelajaran, dan pemanfaatan software dengan nilai rata-rata 89,19%. Produk penelitian juga dikategorikan praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 87,5% dan siswa dengan nilai rata-rata 87,9% dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, dan manfaat.

Katakunci: media interaktif, problem solving


Full Text:

HAL : 112-122 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.