PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Sondang R Manurung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran respons dari partisipan terhadap pembelajaran fisika umum I berbasis argumentasi. Metode penelitian adalah research and development dengan 2 tahap. Metode penelitian pada tahap pertama adalah pelaksanaan studi pendahuluan tentang argumentasi ilmiah dan perencanaan terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan fisika umum I. Lokasi dan Subjek Penelitian di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan, dengan melibatkan 40 mahasiswa pada semester ganjil 2013/ 2014.  Artikel ini membahas tentang hasil penelitian tahap I, yaitu menjaring data- data untuk membentuk draft pembelajaran. Ada empat metode pengambilan data yaitu: kuesioner, kelompok fokus, interviu (terhadap mahasiswa dan dosen) dan kumpulan dokumen dan analisis. Hasil penelitian pada tahap pertama adalah ditemukan analisa wacana argumentasi dalam pelajaran sains didekati dari dua perspektif yang berbeda. Pertama, analisis difokuskan pada cara-cara bagaimana kualitas argumen ditentukan. Dibutuhkan kerangka analitik untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi argumentasi, dalam rangka mengetahui terjadi perubahan atau perbaikan yang terus menerus   dalam pedagogis. Selain itu penting juga dikembangkan alat-alat evaluasi argumentasi peneliti bersama dosen,  sehingga dosen dapat merespon diskusi mahasiswa secara formatif. Kerangka analisis yang cocok  adalah model Toumin dalam konteks ini disebut Toulmin Argument Pattern (TAP). Model ini telah digunakan sebagai dasar penentuan karakter argumentasi dalam pelajaran sains dan digunakan dalam skema pengkodean lainnya. Perangkat pembelajaran argumentasi yang diharapkan dapat dilakukan adalah: a) Sintaks Argumentasi, b) Kisi-kisi, c) Lembar Kerja Argumentatif Kelompok, d) Lembar Observasi Argumentasi Kelompok, e) Panduan berargumentasi dalam perkuliahan fisika umum I.

Kata kunci: argumentasi, kuesioner, interviu,dokumen, TAP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.