Editorial Policies

Focus and Scope

Sadhana Bhakti: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dasar merupakan jurnal tinjauan sejawat yang memuat artikel ilmiah yang diadaptasi dalam berbagai kegiatan pemberdayaan sosial dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dan penelitian terapan lainnya. Artikel yang diterbitkan Sadhana Bhakti: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dasar merupakan hasil penelitian ilmiah terapan serta mencakup penelitian ilmiah berbasis masyarakat secara kuantitatif dan kualitatif ke dalam bentuk pemberdayaan dan layanan masyarakat berupa bidang-bidang ilmiah yang relevan, di antaranya:

  1. Pendidikan Dasar
  2. Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Penerapan Literasi Dasar
  4. Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan
  5. Penguatan Kompetensi Guru
  6. Pendidikan Multikultural
  7. Pendidikan di Daerah Perbatasan dan 3T
  8. serta topik-topik lain yang relevan.
Sadhana Bhakti: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dasar diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan November. Tidak ada biaya pengajuan atau publikasi yang akan dikenakan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal ini menerapkan proses peninjauan sejawat (Peer review) dan blind review. Keputusan penerimaan atau penolakan artikel akan ditentukan oleh dewan editorial berdasarkan hasil penilaian dari para reviewer. Komunikasi antara penulis dan editor tidak dapat dilakukan terkait keputusan penolakan. Sebelum memasuki proses peninjauan, semua manuskrip akan diperiksa untuk memastikan bebas dari praktik plagiarisme menggunakan software "Turnitin". Jika terdapat indikasi plagiarisme, manuskrip akan langsung ditolak. Penulis yang naskahnya ditolak akan diberi tahu alasan penolakannya.

Dalam proses peninjauan, terdapat setidaknya dua reviewer untuk setiap manuskrip pada topik terkait. Selain itu, penulis juga dapat mengusulkan calon reviewer. Penilaian dari reviewer pertama akan menjadi prioritas utama bagi editor dalam mengambil keputusan, jika hanya terdapat dua reviewer.

Secara umum, calon reviewer akan dipilih berdasarkan reputasi mereka dalam jumlah dan kualitas publikasi. Seluruh proses peninjauan dilakukan dengan double-blind review dan dikelola oleh editor dalam OJS (Open Journal System).

Artikel dievaluasi berdasarkan kriteria yang diuraikan di bawah ini:

  • Kesesuaian atau keterkaitan dengan misi Sadhana Bhakti:Jurnal Pengabdian Pendidikan Dasar
  • Kontribusi signifikan dalam memberikan pengetahuan baru (memajukan bidang studi; atau menyediakan praktik terbaik atau pelajaran yang diperoleh);
  • Ketelitian dan kesesuaian keilmuan;
  • Keterbacaan serta alur informasi dan gagasan yang disampaikan.

 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.