EFEK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA NILAI PERUSAHAAN: STUDI KASUS PADA INDUSTRI PERKEBUNAN SAWIT TAHUN 2020-2021

Lodiyono Lodiyono, Ellang Anugra Nusantara, Windi Susanto, Khristina Yunita

Abstract


Perusahaan sektor industri perkebunan sawit pasti melakukan Corporate Social Responsibility karena tanaman sawit dianggap mengurangi kesuburan tanah, meningkatkan terjadinya bencana alam dan menjadi penyebab terjadinya kekeringan saat musim kemarau sehingga perusahaan tersebut harus bertanggung jawab. Perusahaan dapat memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat sekitar, pembangunan sarana dan prasarana, dan lain-lain sebagai bentuk CSR. Apapun bentuknya, semua CSR yang dilakukan oleh perusahaan industri perkebunan sawit menghasilkan beban yang disebut dengan biaya CSR yang berpotensi mengurangi nilai perusahaan. Riset ini bertujuan untuk mencari tahu apakah CSR yang dilakukan perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sebanyak 24 perusahaan CPO (Crude Palm Oil) yang terdaftar di BEI menjadi populasi dan 15 perusahaan yang memenuhi kriteria menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yang didapat adalah CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Full Text:

XML

References


Fajriana, A., & Priantinah, D. (2016). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Nominal, 5(2), 16–28.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). PENGARUH GCG DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19.

Fauzia, N., & Amanah, L. (2016). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(4), 1–22.

Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854–1866. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19

Panggabean, M. R. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Masuk Dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2017). Jurnal Kajian Bisnis, 26(1), 82–94.

Puspitasari, Y. H., & Asyik, N. F. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(8), 1–17.

Rahardjo, B. T., & Murdani, R. (2016). PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2014). Jurnal Akuntansi Bisnis, 03(01), 1–9.

Santoso, B. T. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PROFITABILITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal ARASTIRMA Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UNPAM, 1(2), 226–238.

Saputra, M. R., Sumiati, A., & Zulaihati, S. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(1), 181–192.

Sari, P. Y., & Priantinah, D. (2018). PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015. Jurnal Nominal, 7(1), 111–125.

Sulbahri, R. A. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 215–226. Retrieved from https://akuntansi.pnp.ac.id/jam

Suryonugroho, B. (2016). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(2), 1–21.

Susila, I. M. P., & Prena, G. das. (2019). Pengaruh Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 6(1), 80–87. https://doi.org/10.30656/jak.v6i1.941

Widati, S., & Salsiyah, S. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN AGRIKULTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 3(1), 44–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.