MENGUNGKAP MAKNA AKUNTANSI DALAM PERSPEKTIF PEDAGANG KAKI LIMA DI SEKITARAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA
Abstract
Pedagang kaki lima tidak terlepas dengan kehidupan ekonomi yang dapat kita amati untuk diteliti kaitannya dengan akuntansi. Dengan kata lain, akuntansi ini bukan hanya untuk profesi akuntan, tetapi untuk semua orang yang menjalankan bisnis, besar atau kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan makna akuntansi dalam perspektif Pedagang kaki lima. Penelitian ini berfokus pada pedagang kaki lima yang berjualan di daerah sekitaran Universitas Tanjungpura. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan gambar dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagai metode dan alat analisis serta unit analisis yang berfokus pada pikiran, diri dan masyarakat objek yang dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan usaha pedagang kaki lima, akuntansi dapat diukur dengan cara yaitu akuntansi sebagai informasi, akuntansi sebagai tanggung jawab akuntansi sebagai dasar keputusan.
Full Text:
XMLReferences
Agustuliani, A. dan J. Majid. (2016). Implementasi Nilai Itsar Membangun Konsep Harga Jual pada Pasar Pannampu Makassar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 1(1): 21-40.
Asiyah., A. W. T. Atmaja dan N. T. Herawati. (2017). Analisis Makna Keuntungan Menurut Pedagang Kaki Lima di Sepanjang Jalan Ahmad
Idrus. 2002. Akuntansi dan pengusaha kecil. Akuntansi.
Edisi 07/Maret/Th. VII.
Ikhsan, A. dan M., Ishak. (2018). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.
Kieso D. E., Weygandt, J. J. dan P. D. Kimmel. (2014) .Accounting Principles edisi 7 buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Kusumo, B. A. P. (2011). Angels With Dirty Faces Dalam Ruang Masyarakat Kota. Skripsi. Universitas Indonesia.
McGee, T.G. and Y.M. Yeung.(1977).Hawkers in Southeast Asian Cities: planning for the Bazaar Economy. Ottawa: International Development Research Centre.
Rakhmawati, T. M.(2015).Analisis Penggunaan Informasi Akuntansi Oleh Pedagang Pasar Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Kliwon Karanglewas Banyumas Jawa Tengah). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Robichibin, D. J. Dan A. Hamid. (1994). Ekonomi Informal Perkotaan: Gejala Involusi Gelombang kedua. Jakarta : LP3ES.
Soemarso. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar Jilid I. Jakarta: Salemba Empat.
Supriyono, R. A. (2009). Akuntansi Manjaemen 2: Struktur Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Triyuwono, I. (2011). Mengangkat “Sing Liyan” untuk Formulasi Nilai Tambah Syariah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2(2): 186- 200..
Yani Singaraja. (2017). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1): 1-11.
Young, M. (2013). Cultural Influences on Accounting and Its Practices. Senior Thesis. Honors Program of Liberty University.
Yunus, A. I. (2011). Potret Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima Di Kota Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.
Zalshabila. (2012) “Javanese Price Setting: RefleksiFenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang” Jurnal Akuntansi Multiparadigma No.2/Vol.3/Hal.161-172
id.wikipedia.org
Refbacks
- There are currently no refbacks.