ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DAN VOLUME PENJUALAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEROLEHAN LABA PADA CV. WECONO ASRI

Putri Zabita Dinnana, Srikalimah Srikalimah, Dewi Wungkus Antasari

Abstract


Pada umumnya setiap perusahaan agar mampu mempertahankan kelangsungan hidup serta memperluas  usahanya mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan perolehan laba perusahaan. Usaha yang dapat  dilakukan oleh perusahaan adalah menetapkan harga jual yang tepat dan volume penjualan yang meningkat.  Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan harga jual produk yang tepat dan volume penjualan dalam upaya  meningkatkan perolehan laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode yang  digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat di simpulkan harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan lebih  kecil dari pada harga jual yang di hitung dengan menggunakan metode penetapan harga jual cost plus pricing.  Harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu sebesar Rp 200.000 dengan memperoleh laba Rp 19.650.000,  sedangkan penetapan harga jual yang di hitung oleh peneliti dengan menggunakan metode penetapan harga jual  cost plus pricing diperoleh sebesar Rp 229.553 dan memperoleh laba sebesar Rp 38.207.750. Jumlah volume penjualan pada tahun 2021 juga belum maksimal yang mengakibatkan perolehan laba tidak sesuai. Perolehan  volume penjualan pada tahun 2021 sebesar 642 unit, perusahaan menginginkan laba maksimal oleh karena itu  perusahaan harus memperoleh volume penjualan sebesar 1.393 unit agar memperoleh laba yang lebih maksimal.

Full Text:

XML

References


Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada. Martani, D. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK (1st ed.). Salemba Empat. Sodikin, Sl. S. (2015). Akuntansi Pengantar 1. UPP STIM YKPN.

Sujarweni, V. W. (2016). Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Pustaka Baru Press. Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Andi, Ed.; 2nd ed.). Walter T. Harrison jr., Charles T. Horngren., C. William Thomas., & T. Suwardy. (2012). Akuntansi Keuangan (Edisi IFRS) (Edisi 8 ji). Erlangga.

Wisesa, I Wayan Bayu, Anjuman Zukhri, & Kadek Rai Suwena. (2014). Pengaruh Volume Penjualan Mente Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada UD. Agung Esha Karangasem Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia , 4(1).

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/3293.

Yunita Sari. (2018). Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Yang Dihasilkan Pada UD Maju. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi , 4(1), 85–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.