ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA DI SEMARANG

Novitasari Eviyanti, Didiek Susilo Tamtomo, Afni Sirait, Ulfa Afifah

Abstract


Pada Januari 2021, ketiga bank syariah di Indonesia melakukan merger menjadi Bank Syariah Indonesia. Dengan merger tersebut, penulis ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang memilih BSI untuk mengelola dana atau tujuan investasi nasabah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian ini yang pertama karena faktor pelayanan yang memudahkan bagi nasabah. Pelayanan karyawan BSI memiliki feedback yang tinggi jika dilihat dari nilai kepuasan pelanggan sebesar 92,5% dimana untuk poin pelayanan sebesar 23 poin dari 37 poin. Yang kedua, lokasi yang mudah diakses. BSI memiliki lebih dari 1200 cabang di seluruh Indonesia, tidak menutup kemungkinan untuk memiliki lebih dari 5 cabang di kota besar dan memiliki minimal 1 cabang di kabupaten sehingga memudahkan akses para nasabah dan calon nasabah. Yang ketiga, nasabah memiliki keyakinan terhadap BSI sehingga akan memberikan kepercayaan kepada BSI untuk mengelola dana atau tujuan investasi nasabah. Yang keempat, produk jasa yang dimiliki sangat variatif yang menjawab kebutuhan nasabah. Dari paparan yang sudah dijabarkan, BSI menjawab tantangan era digitalisasi dengan terus berinovasi dan mengembangkan produk.

Full Text:

PDF

References


Al Arif, M. Nur Rianto dan Euis Amalia. (2010). Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana.

Alamsyah, (2012). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Hapsari, F. T., & Beik, I. S. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nasabah Non-Muslim dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah di DKI Jakarta. Jurnal AlMuzara’ah, Vol. 2, No. 1.

Hermansyah. (2009). Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Jakarta : Kencana.

Januar, A. (2016). Keputusan Nasabah Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah.

Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana. h. 137.

Ibrahim, Bachtiar. (1994). Rencana Dan Estimate Real Cost. Jakarta: Bumi Aksara.

ir.bankbsi.co.id

Irsyad, L. (2010). Bank dan lembaga keuangan lain. Medan : USU Press.

Mazki, Ghozali. (2010). Analisis Keputuhan Nasabah Menabung : Pendekatan Kompenen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics Vol.4 No.1 Mei 2010, 43-57.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tho’in, M. (2019). Profitability of Islamic Commercial Banks in Indonesia. Management and Economics Journal. 3(3). 277-288.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.