Vol 1, No 2 (2011)

PERKEBUNAN DAN LAHAN TROPIKA

Salam sejahtera.

Masalah lahan tidak akan pernah habis untuk dibahas dan diteliti. Kebutuhan terhadap lahan yang terus meningkat sebagai akibat benturan kepentingan antara pangan, papan dan fasilitas hidup lainnya, menyebabkan kajian-kajian tentang lahan akan terus dilakukan. Bahkan berbagai aspek kajian telah menjadi agenda penting secara nasional.

Salah satu isu penting tentang lahan di Kalimantan Barat adalah penggunaan lahan gambut untuk berbagai penggunaan di bidang pertanian yang pada dekade ini telah dilakukan secara massif. Baik untuk tanaman pangan, hortultura maupun untuk lahan perkebunan. Karakteristik gambut yang unik dan sedang menjadi fokus perhatian para pemerhati lingkungan hidup di seluruh dunia, menyebabkan kajian tentang gambut menjadi agenda penelitian yang semakin menarik perhatian.

Sebagai salah satu kawasan dengan lahan gambut tropik sangat luas, sudah menjadi kewajiban kita untuk turut aktif menyumbangkan pemikiran menuju ngelolaan gambut secara lebih arif dan berkelanjutan. Sehingga untuk apapun penggunaan lahan gambut, tidak akan menimbulkan kontroversi. Termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan gambut untuk lahan perkebunan. Oleh karena itu, diperlukan semakin banyak sumbangan pemikiran dari berbagai bidang kajian dan bidang ilmu. Kajian-kajian yang dilakukan secara terpadu juga akan memberikan konstruksi pemikiran secara lebih terstruktur sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Kami tunggu tulisan-tulisan berikutnya.

Table of Contents

Articles

Edy Syahputra
1-8
Rini Susana, Denah Suswati
PDF
9-16
Bambang Widiarso
17-22
Maswadi -
23-30
Denah Suswati, Bambang Hendro, , Didik Indradewa
31-41
Agus Suyanto, Tutik Purwani Irianti
42-48