Vol 2, No 2 (2012)

PERKEBUNAN DAN LAHAN TROPIKA

Salam sejahtera !!

Kalimantan Barat masih tetap dihadapkan kepada peliknya masalah lahan. Salah satu masalah penting yang sedang menjadi perhatian serius adalah masalah penanganan lahan-lahan kritis dan lahan sub-marginal dalam kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan kondisi lingkungan.

Contoh lahan kritis yang kini memerlukan penanganan secara sungguh-sungguh adalah makin meluasnya lahan bekas penambangan emas liar yang dibiarkan tanpa pengelolaan. Mengingat kerusakan lingkungan yang telah terjadi, diperlukan upaya cerdas dan tepat sasaran guna menghindari kerusakan yang lebih parah. Baik secara ekonomis, teknis, sosial, maupun budaya. Dengan demikian, akan semakin banyak diperlukan lebih banyak penelitian dan kajian agar penanganan kerusakan lahan tersebut tidak merupakan pekerjaan yang sia-sia.

Selain lahan kritis, lahan sub-marginal dan lahan marginal juga merupakan sumberdaya yang memerlukan pengelolaan secara bijaksana. Bukan saja karena luasannya yang besar, tetapi juga mengingat eskalasi masalah dan nilai pentingnya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di atasnya. Banyak fakta yang dapat menjadi bukti bahwa pengelolaan lahan sub-marginal dan lahan marginal yang tidak tepat telah menghadirkan malapetaka baik secara fisik maupun sosial. Jenis lahan sub-marginal yang kini sedang mendapatkan sorotan adalah pemanfaatan lahan gambut dan lahan basah untuk dialih-fungsikan menjadi lahan pertanian dan perkebunan. Berkaitan dengan konteks tersebut, kajian dan penelitian-penelitian yang membahas masalah pemanfaatan lahan sub-marginal di Kalimantan Barat menjadi sangat bernilai dan selalu relevan untuk didiskusikan.

Dalam volume ini, ditampilkan beberapa tulisan hasil kajian dan penelitian tentang teknologi pemanfaatan lahan kritis dan lahan sub-marginal untuk peningkatan produktifitas pertanian dan perkebunan. Redaksi mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua penyumbang naskah dan mitra bestari yang telah meluangkan waktu dan tenaganya. Redaksi selalu menunggu kajian-kajian dan hasil penelitian terbaru yang relevan dengan tema jurnal.

Table of Contents

Articles

Andy Wijanarko, Benito Heru Purwanto, , Didik Indradewa
PDF
1-14
Dwi Raharjo, Elly Mustamir, Uray Edi Suryadi
PDF
15-22
Heny Wulandari, Zakiatulyaqin Zakiatulyaqin, Supriyanto Supriyanto
PDF
23-31
Maulidi Maulidi, Elly Mustamir
PDF
32-38
Priyo Adi Nugroho
PDF
39-50
Tris Haris Ramadhan, Kukuh Hernowo
PDF
51-57
Rossie Wiedya Nusantara, Sudarmadji Sudarmadji, Tjut S. Djohan, Eko Haryono
PDF
58-70