Vol 1, No 1 (2011)

Perkebunan dan Lahan Tropika

Eureka !!!!

Sebuah penemuan, sebesar atau sepenting apapun, tidak akan pernah diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas jika penemuan tersebut tidak terpublikasikan secara layak di tengah masyarakat ramai. Kurang lebih, demikianlah semangat yang melandasi penerbitan Jurnal Teknologi Perkebunan dan Pengelolaan Sumberdaya lahan Perkebunan dan Lahan Tropika ini. Dengan demikian, sesuai dengan motifasi yang mendasarinya, penerbitan jurnal ini dimaksudkan untuk menjadi sarana penyampai informasi bagi hasil-hasil penelitian, hasil analisis berbagai kebijakan atau pun berupa pemikiran-pemikiran baru di bidang teknologi perkebunan dan pengelolaan sumberdaya lahan, utamanya perkebunan dan lahan tropika.

Jurnal Ilmiah Teknologi Perkebunan dan Pengelolaan Sumberdaya lahan Perkebunan dan Lahan Tropika Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura diterbitkan secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Pada terbitan pertama ini kami menyajikan enam buah artikel. Dua artikel membahas tentang hasil penelitian tentang teknologi perkebunan dan empat lainnya mendiskusikan tentang pengelolaan sumberdaya lahan.

Pada kesempatan ini dewan penyunting mengucapkan banyak terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, Msc., Prof. Dr. Ir. Triwidodo Arwiyanto, MSc, Prof. Dr. Ir. Saeri Sagiman, MSc., dan Dr. Ir. Yohana SKD, MP. yang telah berkenan untuk menjadi Mitra Bestari. Secara khusus, dewan penyunting juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Dr. Ir. Edy Syahputra, MSi., Dr. Iwan Sasli, SP., MSi. dan Dr. Ir. Radian, MS. atas segala saran perbaikan sampai jurnal mencapai bentuk seperti yang ada di hadapan pembaca ini.

Pada penerbitan-penerbitan mendatang, pengelola sangat mengharapkan saran menuju perbaikan dan terutama sumbangan artikel sehingga jurnal ini menjadi semakin sempurna dan berbobot. Selanjutnya, untuk berlangganan ataupun keperluan yang berhubungan dengan publikasi artikel dapat berhubungan langsung dengan dewan penyunting.

Dewan Penyunting

Table of Contents

 

Articles

ari krisnohadi
PDF
1-7
henny sulityowati
PDF
8-12
agus ruliyansyah
PDF
13-18
supriyanto -, henny sulistyowati
PDF
19-27
rini hazriani
PDF
28-36
edy syahputra, sarbino -, siti dian
PDF
37-42