PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TERHADAP SISTEM LISTRIK PRA BAYAR (PRE PAID) DI PT. PLN (Persero) AREA PONTIANAK
Abstract
Abstrak
Sistem pelayanan listrik oleh PT.PLN (Persero) ada dua sistem yaitu sistem pasca bayar dan pra bayar, meskipun PT. PLN (Persero) memberlakukan dua sistem tersebut sekaligus, akan tetapi bagi calon pelanggan baru, pihak PT. PLN (Persero) tidak memberikan kedua alternatif sistem kepada calon pelanggan khususnya pemasangan daya volt ampere dalam skala menengah ke bawah, ada kecenderungan calon pelanggan diarahkan kepada satu sistem saja yakni sistem pra bayar.
Metode penelitian menggunakan metode normatif dengan pendekatan hukum sosiologis yaitu mengkaji dari perundang-undangan dan aturan hukum yang disesuaikan dengan praktek dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan yaitu wawancara dan data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang penarikan kesimpulannya deduktif.
Dari sisi perlindungan terdapat hak-hak konsumen yang dilanggar, konsumen berhak untuk memilih dan mendapatkan informasi yang jelas atas penerapan sistem pra bayar, sebagaimana tercantum dalam Pasal 4 huruf b, dan huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sikap tersebut jelas merugikan calon pelanggan.
Penerapan sistem pelayanan kepada konsumen harus memperhatikan asas keseimbangan, asas kesamaan hak, asas manfaat, dan asas keterbukaan atas informasi, Sehingga meminimalkan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Sistem Listrik Pra Bayar PT. PLN (Persero) , Hak-hak Konsumen.
CONSUMER PROTECTION AGAINST ENACMENT OF ELECTRICAL PRE PAID SYSTEM AT PT. PLN ( Persero ) AREA PONTIANAK
Abstract
Electrical service system by PT PLN (Persero) have two systems: postpaid system and prepaid system, though PT. PLN (Persero) enforces these two systems at once, but to new customers, the PT. PLN (Persero) do not give alternative system to potential customers, especially the installation of power volt ampere below medium scale, there is likelihood of a prospective customer is directed to one system that is pre-paid system.
The research method, that researcher using is the normative approach to the study of the sociological law legislation and the rule of law is tailored to the practices and phenomena that occur in society. The researcher use primary data there is directly taken from field interviews and secondary data such as literature study. The analyzes used were descriptive, qualitative conclusions deductively withdrawal.
In terms of protection are the rights of consumers were infringed, the consumer has the right to choose and obtain clear information on the application of the system of prepaid, as stated in Article 4 letter b and c of Law Number 8, year 1999 regarding to Consumer Protection Law, the policy detrimental to prospective members.
The implementation of service to consumers should observe the principle of balance, the principle of equality of rights, the principle of utility, and the principle of transparency of information, so to minimize the violation of consumer rights.
Key words : Consumer Protection, Electrical Systems Pre-Paid by PT . PLN (Persero ) , Consumer Rights.
Sistem pelayanan listrik oleh PT.PLN (Persero) ada dua sistem yaitu sistem pasca bayar dan pra bayar, meskipun PT. PLN (Persero) memberlakukan dua sistem tersebut sekaligus, akan tetapi bagi calon pelanggan baru, pihak PT. PLN (Persero) tidak memberikan kedua alternatif sistem kepada calon pelanggan khususnya pemasangan daya volt ampere dalam skala menengah ke bawah, ada kecenderungan calon pelanggan diarahkan kepada satu sistem saja yakni sistem pra bayar.
Metode penelitian menggunakan metode normatif dengan pendekatan hukum sosiologis yaitu mengkaji dari perundang-undangan dan aturan hukum yang disesuaikan dengan praktek dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan yaitu wawancara dan data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang penarikan kesimpulannya deduktif.
Dari sisi perlindungan terdapat hak-hak konsumen yang dilanggar, konsumen berhak untuk memilih dan mendapatkan informasi yang jelas atas penerapan sistem pra bayar, sebagaimana tercantum dalam Pasal 4 huruf b, dan huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sikap tersebut jelas merugikan calon pelanggan.
Penerapan sistem pelayanan kepada konsumen harus memperhatikan asas keseimbangan, asas kesamaan hak, asas manfaat, dan asas keterbukaan atas informasi, Sehingga meminimalkan pelanggaran terhadap hak-hak konsumen.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Sistem Listrik Pra Bayar PT. PLN (Persero) , Hak-hak Konsumen.
CONSUMER PROTECTION AGAINST ENACMENT OF ELECTRICAL PRE PAID SYSTEM AT PT. PLN ( Persero ) AREA PONTIANAK
Abstract
Electrical service system by PT PLN (Persero) have two systems: postpaid system and prepaid system, though PT. PLN (Persero) enforces these two systems at once, but to new customers, the PT. PLN (Persero) do not give alternative system to potential customers, especially the installation of power volt ampere below medium scale, there is likelihood of a prospective customer is directed to one system that is pre-paid system.
The research method, that researcher using is the normative approach to the study of the sociological law legislation and the rule of law is tailored to the practices and phenomena that occur in society. The researcher use primary data there is directly taken from field interviews and secondary data such as literature study. The analyzes used were descriptive, qualitative conclusions deductively withdrawal.
In terms of protection are the rights of consumers were infringed, the consumer has the right to choose and obtain clear information on the application of the system of prepaid, as stated in Article 4 letter b and c of Law Number 8, year 1999 regarding to Consumer Protection Law, the policy detrimental to prospective members.
The implementation of service to consumers should observe the principle of balance, the principle of equality of rights, the principle of utility, and the principle of transparency of information, so to minimize the violation of consumer rights.
Key words : Consumer Protection, Electrical Systems Pre-Paid by PT . PLN (Persero ) , Consumer Rights.
Full Text:
PDF ()Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Program Studi Magister Hukum
Universitas Tanjungpura
ISSN: 0216-2091