MEDIA KARTU BERGAMBAR: APAKAH BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM BERMAIN BOLA BASKET?

I Putu Agus Dharma Hita, Doni Pranata, I Made Ananda Krisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap peningkatan keterampilan bermain bola basket pada anak-anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang melibatkan tinjauan literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik tersebut. Hasil tinjauan literatur menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media kartu bergambar terhadap pemahaman teknik-teknik dasar bermain bola basket, peningkatan koordinasi motorik dan keterampilan gerakan tubuh, serta pemahaman taktik permainan dan aturan-aturan dalam bola basket pada anak-anak sekolah dasar. Temuan ini mendukung pentingnya pemanfaatan media kartu bergambar sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan bermain bola basket pada anak-anak. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk penelitian empiris untuk memperkuat dan mengonfirmasi temuan-temuan ini serta memberikan pedoman praktis bagi pendidik dan pelatih dalam mengimplementasikan media kartu bergambar dalam pembelajaran bola basket.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, N. K. A. T., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Sikap Pasang Pencak Silat Dengan Kartu Bergambar Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sma Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Kurniawan, Y., Subandowo, & Rohman, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Shooting Bola Basket dalam Pembelajaran PJOK Siswa MAN Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 231–236. https://doi.org/10.5281/zenodo.5912095

Mudianti, N. P. N. N., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Prathami, I. A. M. I., Astra, I. K. B., Or, M., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Kuda-Kuda Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Putri, A. M., & Kurniawan, F. (2022). Analisis Media Kuartet Card Game pada Pembelajaran Bola Basket Kelas VII SMPN 16 Kota Depok. Jurnal Pengabdian Olahraga Singaperbangsa, 2(01), 17–21.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Yogyakarta: Alfabeta.

Utama, F. H., & Cholid, A. (2021). Pengembangan Media Sport Card Untuk Pengetahuan Cabang-Cabang Olahraga. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 38–45.




DOI: https://doi.org/10.26418/jmrthn.v2i1.66267

DOI (PDF): https://doi.org/10.26418/jmrthn.v2i2.66267.g75676603066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Jurnal Marathon published by

Physical Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.