Analisis Pengaruh Profesionalisme Auditor, Orientasi Etika Idealisme dan Relativisme Terhadap Tindakan Whistleblowing (Studi Kasus Pada Kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat)

vina annifa B2091182005

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Profesionalisme Auditor, Orientasi Etika Idealisme, dan Relativisme terhadap Whistleblowing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di Kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 auditor. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda untuk menguji pengaruh Profesionalisme auditor, Orientasi etika idealisme, dan Relativisme terhadap Whistleblowing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme Auditor berpengaruh positif terhadap Whistleblowing, Orientasi Etika Idealisme berpengaruh negatif terhadap Whistleblowing, sedangkan Orientasi Etika Relativisme berpengaruh positif terhadap Whistleblowing. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa secara silmultan Profesionalisme Auditor, Orientasi Etika Idealisme, dan Orientasi Etika Relativisme berpengaruh negatif terhadap Whistleblowing.

 

Kata Kunci : Profesionalisme Auditor, Orientasi Etika Idealisme, Orientasi Etika Relativisme dan Whistleblowing.

 

 Daftar Pustaka

Asana, Gde Herry Sugiarto. 2013. Pengaruh Pengalaman, Komitmen dan Orientasi Etika Pada Sensitivitas Etika Auditor Kantor Akuntan Publik di Bali. Tesis. Denpasar: Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Bertens, Kees. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.

Dewi, Putu Purnama, I Wayan Ramantha, dan Ni Ketut Rasmini. 2015. Pengaruh Pengalaman, Orientasi Etika, Komitmen dan Budaya Etis Organisasi Pada Sensitivitas Etika Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 4. No. 11. Hal 841-866.

Duska, Ronald, Brenda Shay Duska. 2003. Accounting Ethics. Blackwell Publishing Ltd.

Falah, Syaikhul. 2006. Pengaruh Budaya Etis Organisasi dan Orientasi Etika Terhadap Sensitivitas Etika (Studi Empiris Tentang Pemeriksaan Internal di Bawasda Pemda Papua). Tesis. Semarang: Program Studi Magister Sains Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Fitri, Annisa. 2014. Pengaruh Budaya Etis Organisasi dan Orientasi Etika Terhadap Sensitivitas Etika pada Aparatur Inspektorat Kota Pariaman.

Janitra, Wimpi Abhirama. 2017. Pengaruh Orientasi Etika, Komitmen Profesional, Komitmen Organisasi, Dan Sensitivitas Etis Terhadap Internal Whistleblowing (Studi Empiris Pada SKPD Kota Pekanbaru). JOM Fekon, Vol. 4 No. 1.

Khairul, Dzakirin. 2011. Orientasi Idealisme, Relativisme, Tingkat Pengetahuan, dan Gender: Pengaruhnya pada Persepsi Mahasiswa tentang Krisis Etika Akuntan Profesional. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2008. Pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran-SSP (Whistleblowing System-WBS). Jakarta.

Kreshastuti, Destriana Kurnia. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Auditor Untuk Melakukan Tindakan Whistleblowing (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Malik, Rahardian. 2010. Analisis Perbedaan Komitmen Profesional dan Sosialisasi Antisipatif Mahasiswa PPA dan Non-PPA pada Hubungannya Dengan Whistleblowing (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Martina, Made Bella, Desak Made Werastuti dan Edi Sujana. 2015. Pengaruh Budaya Etis Organisasi, Orientasi Etika, Pengalaman, dan Profesionalisme Terhadap Sensitivitas Etika Kegiatan Audit Yang Dilaksanakan Inspektorat Pemerintah Kabupaten Buleleng. E-Journal. Vol 3. No. 1.

Saud, Ilham Maulana. 2016. Pengaruh Sikap dan Persepsi Control Perilaku Terhadap Niat Whistleblowing Internal-Eksternal Dengan Persepsi Dukungan Organisasi Sebagai Variable Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Vol. 17. No. 2. Hal 209-219.

Setyadi, Edi Joko. 2010. Hubungan Antara Komitmen Professional dan Sosialisasi Antisipatif Dengan Orientasi Etika Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Vol 5. No. 2.

Sulistomo, Akmal. 2011. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengungkapan Kecurangan. Journal of managerial psychology. Vol 24.

Tranggono, Rahadyan Probo dan Andika Kartika. 2008. Pengaruh Komitmen Organisasional dan Profesional terhadap Kepuasan Kerja Auditor dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 15. No. 1.

Zanaria, Yulita. 2014. Pengaruh Profesionalisme Audit, Intensitas Moral Untuk Melakukan Tindakan Whistleblowing (Studi Pada Kap di Indonesia). Syariah Paper Accounting. Hal 569-577.

Zulhawati, Pujiastuti dan Ifah Rofiqoh. 2013. Pengaruh Nilai Etika dan Orientasi Etika Pada Sensitivitas Etis Mahasiswa. Jurnal Nasional.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.