Group Investigation Model (Pembelajaran Terpadu Anak Usia Dini)
Abstract
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa kajian aspek perkembangan dalam satu tema pembelajaran Anak Usia Dini. Pembelajaran terpadu memberikan konsep belajar bermakna yang dipelajari melalui pengalaman langsung alami. Pembelajaran terpadu menyajikan berbagai konsep yang akan dipelajari secara terpadu. Hal ini akan sesuai dengan karakteristik perkembangannya sehingga anak akan belajar dengan mudah dan bermakna. Pembelajaran terpadu bertolak dari tema yang diambil dari lingkungan anak. Dengan demikian anak dapat mengeksplor tema-tema tersebut sehingga didapatkan suatu konsep pengetahuan yang utuh yang dekat dengan anak, sehingga anak akan leluasa dalam menggali pengetahuannya dan anak belajar dengan motivasi tinggi dan kondisi yang menyenangkan, sehingga potensinya dapat berkembang secara optimal. Pembelajaran yang paling efektif untuk anak usia TK adalah melalui suatu kegiatan yang konkrit dan pendekatan yang berorientasi bermain. Adapun tujuan penilaian dari pembelajaran terpadu anak usia dini yaitu: (a) Merencanakan pembelajaran individual dan kelompok, serta untuk berkomunikasa dengan para orang tua; (b) Mengidentifiksikan anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus; (c) Mengevaluasi apakah tujuan program pendidikan usia dini sudah tercapai atau belum.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpp.v1i2.19210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP)
LP3M Univ. Tanjungpura
Jl. Daya Nasional, Pontianak, Kalimantan Barat
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.