USEFUL DAYLIGHT ILLUMINANCE (UDI) PADA RUANG BELAJAR SEKOLAH DASAR DI KAWASAN URBAN PADAT TROPIS (STUDI KASUS: SD NEGERI 2 DAN 6 BANDA SAKTI, LHOKSEUMAWE, ACEH, INDONESIA)
Abstract
Studi ini melakukan evaluasi pencahayaan alami pada ruang belajar Sekolah Dasar Negeri 2 dan 6 Banda Sakti, Lhokseumawe. Sekolah tersebut berada pada lokasi urban padat dan merupakan sekolah dengan bangunan terluas di kecamatan Banda Sakti. Ada 36 (tiga puluh enam) ruang kelas yang dilakukan simulasi pencahayaan alami pada objek studi ini. Simulasi pencahayaan alami dilakukan dengan metrik useful daylight illuminance (UDI). Metrik ini menggunakan data cuaca lokasi objek penelitian dalam hal ini data cuaca Kota Lhokseumawe dalam format energyplus weather (EPW) file. Pemodelan untuk simulasi dilakukan dengan piranti Rhinoceros, sementara algoritma simulasi dibuat menggunakan Grasshopper dengan tambahan plugin Ladybug Tools. Ladybug Tools memberikan akses ke engine simulasi Daysim yang merupakan perangkat simulasi pencahayaan alami yang tervalidasi. Pada penelitian ini ketegori UDI terpenuhi dialterasi sesuai dengan standar pencahayaan alami disarankan dalam SNI 03-6197 yaitu 250-750 Lux untuk ruangan yang digunakan pada bangunan pendidikan dalam hal ini sekolah dasar. Hasil menunjukkan tidak ada ruang kelas yang dikategorikan baik pada SDN 2 dan 6 Banda Sakti. Hanya terdapat 29 (dua puluh sembilan) kelas dengan kategori cukup dan 7 (tujuh) ruang dengan kategori kurang
USEFUL DAYLIGHT ILLUMINANCE (UDI) IN ELEMENTARY SCHOOL CLASSROOMS IN TROPICAL HIGH DENSITY URBAN AREA (CASE STUDY: SD NEGERI 2 AND 6 BANDA SAKTI, LHOKSEUMAWE, ACEH, INDONESIA)
This study evaluated the daylight distribution within classrooms at Sekolah Dasar Negeri 2 and 6 Banda Sakti, Lhokseumawe. The school is located in high-density urban area, and it was the largest state elementary school building in Banda Sakti. 36 (thirty-six) classrooms were simulated for its daylight performance. The simulation utilized useful daylight illuminance (UDI) metric. The metric used the local weather file for Lhokseumawe in energyplus weather (EPW) format. Modeling for simulation utilized Rhinoceros; further, the simulation algorithm was created using Grasshopper with the extension of Ladybug Tools. Ladybug Tools opened access to a Daysim, a validated daylight simulation engine. In this study, the useful daylight was referenced to SNI 03-6197, which was 250-750 Lux for educational spaces at this study classrooms for the elementary school. The result showed there was none of the classroom fallen under a good category. 29 (twenty-nine) classrooms was under insufficient category and 7 (seven) classrooms under a bad category
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, K. (2014). Design Energy Simulation for Architects. New York: Routledge.
ASHRAE IWEC2 Weather Files. (n.d.). IWEC2 Weather Files. Retrieved April 21, 2019, from White Box Texnologies website: http://weather.whiteboxtechnologies.com/IWEC2
Atthaillah, A., Bakhtiar, A., & Badriana, B. (2019). Optimalisasi pencahayaan alami dengan Useful Daylight Illuminance (UDI) pada desain Rumah Toko (RUKO) di Kota Lhokseumawe. Nature: National Academic Journal of Architecture, 6(1).
Atthaillah, Wijayanti, S., & Hassan, S. M. (2018). Simulasi Desain Fasad Optimal Terhadap Pencahayaan Alami Pada Gedung Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.29080/emara.v4i1.228
Boubekri, M. (2008). Daylighting, Architecture and Health: Building design strategies. Oxford: Elsevier.
Groat, L., & Wang, D. (2013). Architectural Research Method (2nd ed.). Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Heschong, L., Wright, R., & Okura, S. (2000). Daylighting and Productivity: Elementary School Studies,” in Efficiency and Sustanability. Washington.
Idrus, I., Hamzah, B., & Mulyadi, R. (2016). Intensitas pencahayaan alami ruang kelas sekolah dasar di kota makassar. Simposium Nasional RAPI XV-2016 FT UMS, 473–479. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8076/K22_Irnawaty Idrus.pdf?sequence=1
Khabazi, Z. (2012). Generative Algorithm using Grasshopper. Retrieved from http://www.grasshopper3d.com/page/tutorials-1
Lechner, N. (2007). Heating, Cooling, Lighting: Strategi Desain untuk Arsitektur (2nd ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mediastika, C. E. (2013). Hemat Energi Dan Lestari Lingkungan Yogyakarta: CV Andi Offset.
Nabil, A., & Mardaljevic, J. (2005). Useful daylight illuminances: a new paradigm for assessing daylight in building. Lighting Research and Technology. https://doi.org/10.1191/1365782805li128oa
SNI 03-6197, A. (2000). Konservasi Energi pada Sistem Pencahayaan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.
Tedeschi, A. (2014). AAD-Algorithms-Aided Design: Parametric strategies using Grasshopper. Brienza: Le Penseur.
Wibowo, R., Kindangen, J. I., & Sangkertadi. (2017). Sistem pencahayaan alami dan buatan di ruang kelas sekolah dasar di kawasan perkotaan. Jurnal Arsitektur DASENG, 6(1), 87–98. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/daseng/article/view/16770/pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/lantang.v6i2.33940
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail address: l[email protected]