ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Imran Imran, Gusti Budjang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Sosisologi FKIP Untan dalam merancang RPP sesuai kurikulum 2013, dan 2) kendala-kendala mahasiswa calon guru Program Studi Pendiidkan Sosiologi dalam merancang RPP sesuai kurikulum 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data berupa lembar pengamatan disertai rubrik penilaian dan pedoman wawancara. Pelaksanaan penelitian Juni-Oktober 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan sosiologi yang mengambil mata kuliah PPL-2. Analisis data terdiri dari: reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Sosisologi FKIP Untan dalam merancang RPP sesuai kurikulum 2013 sebagai berikut: a. Menuliskan Kelengkapan identitas RPP kategori sangat baik, b. kelengkapan komponen RPP kategori sangat baik, c. Rumusan KI, KD, dan IPK kategori kurang, d. Rumusan tujuan pembelajaran kategori kurang, e. Materi ajar kategori cukup, f. Model/Metode Pembelajaran kategori baik,  g. Media Pembelajaran kategori sangat baik, h. Sumber Belajar kategori baik, i. Rumusan Penilaian Hasil Belajar kategori baik.

 

Kata kunci: Perencanaan Pembelajaran, Mahasiswa PPL, Pendidikan Sosiologi


Full Text:

PDF

References


Ambarawati, M. 2016. Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-833 Vol. 5, No. 1, 81-89.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Fathurrohman, P. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ibrahim. 2017. Deskrips Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis. 3(3), 370 - 378.

Kadiriandi, R dan Ruyadi, Y. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi di SMA Pasundan 3 Bandung. Jurnal SOSIETAS, Vol. 7, NO. 2, 2017, 429 -433.

Kharisma, F. N dan Hariyatmi. 2015. Kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kustijono, R dan Wiwin, E. 2014. Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 4(1), 1 – 14.

Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saragih, H. 2016. Meningkatkan Keterampilan Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru pada Sekolah. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu – ilmu Sosial. 8(2), 114 - 122.

Sari, D. P. 2013. Kendala-Kendala Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa FKIP UNS di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2012. Jupe UNS, Vol 2, No 1, Hal 26 s/d 38.

Sholeh, M. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi, 4(2), 129 – 137.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v13i1.32571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats