MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAYAK PEDALAMAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PERCEPATAN AKSES PENDIDIKAN

Wahyudi Dr.

Abstract


This research was purposively to provide a model of society empowerment and effective school commottee development at junior high schoool levels of Dayak Isolated Community as an effort of accelerating access on education. The school committee model resulted will be much more adaptable, and enable to accelerate education access for the Dayak Isolated Community that is still low in dealing with, to actively maximize their participation in handling education.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pemberda-yaan masyarakat dan pengembangan komite sekolah yang efektif  di  sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP)  pada masyarakat dayak pe-dalaman sebagai upaya percepatan akses pendidikan. Model komite sekolah yang dihasilkan akan lebih adaptif dan mampu meningkatkan perluasan akses pendidikan pada masyarakat dayak pedalaman yang masih rendah tingkat partisipasinya dalam bidang pendidikan. Model komite sekolah yang dihasilkan diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dayak pedalaman untuk berpartisipasi dalam penyelengga-raan pendidikan.

Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, komite sekolah, akses pendidikan, daerah pedalaman.

 

(Penelitian dan Pengembangan Komite Sekolah Dalam Era Desentralisasi Pendidikan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Daerah Perbatasan Provinsi Kalimantan Barat)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.9022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Wahyudi Dr.



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats