MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR BERBASIS KERAGAMAN: SURVEI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, M., Oktavera, S., & Abdillah, A. (2024). Optimalisasi Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi di SDN Kunciran 8 Pinang, Kota Tangerang. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 48–62. https://doi.org/10.51476/dirasah.v7i1.626
Aryana, I. M. P. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456
Basri, H. H., & Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa 2021. Jakarta: Litbang Diklat Press, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI.
Bayumi, Chaniago, E., Fauzie, Elias, G., Hapizoh, & Ahmad, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Sleman: Deepublish.
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE Saat Pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786
Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Hadi, B. (2021). Fenomena Learning Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 290–296. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.244
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hosszu, A., & Cosima, R. (2020). Digital Divides in Education. An Analysis of The Romanian Public Discourse on Distance and Online Education During the COVID-19 Pandemic. Sociologie Românească, 18(2), 11–29. https://doi.org/10.33788/sr.18.2.1
Hotimah, Ulyawati, & Raihan, S. (2020). Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmi Pendidikan (JIP), 1(2), 152–159. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/602
Husna, H., & Tanura, L. N. (2021). Optimalisasi Potensi, Minat dan Bakat Anak-Anak Desa Kinciran Untuk Kemajuan Potensi SDM di Desa Kinciran. Griya Cendikia, 6(1), 52–29. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i1.28
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/tentang#
Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9294–9303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3798
Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64–82. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/40
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Novianto, G. D., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2023). Problematika Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(2), 178–188. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i2.51689
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Bertumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Purwowidodo, & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradita, M. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2609
Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 407–422. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i3-2
Riyadi, T., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz Pada Pembelajaran PPKN di SD Kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2791–2805. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1
Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631
Sugianto. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya. Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sumatera Selatan. https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/pembelajaran-berdiferensiasi-antara-manfaat-dan-tantangannya/
Sukoco, G. A., Arsendy, S., Purba, R. E., & Zulfa, A. H. (2023). Bangkit Lebih Kuat: Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19: Studi Kasus INOVASI. Jakarta: INOVASI.
Surianshah, S. (2021). Digital Divide in Education During Covid-19 Pandemic. Jurnal Ekonomi Malaysia, 55(3), 103–112. https://doi.org/10.17576/JEM-2021-5503-07
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909
Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Instruction In Mixed-Ability Classrooms. ASCD.
Tsolou, O., Thomas, B., & Konstantina, T. (2021). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education: Social Exclusion and Dropping Out of School. Creative Education, 12(03), 529–544. https://doi.org/10.4236/ce.2021.123036
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Zanita, E. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu, 3(1), 0–10. https://doi.org/10.29300/btu.v3i1.1300
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v17i1.90074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.