Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK) Implementasinya dalam Pengembangan Materi dan Aktivitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP dan SMA

Endang Susilawati

Abstract


Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Prinsip-prinsip dasar dari KTSP dan beberapa konsep yang mendasarinya menjadi dasar dalam rencana pengembangan pembelajaran bahasa Inggris terutama dalam pengembangan materi ajar serta penentuan strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi komunikatif dalam bahasa Inggris.

Kata kunci: Standat Nasional Pendidikan, KTSP, Kompetensi komunikasi



DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v3i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Endang Susilawati



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats