INOVASI SAVARI (SISTEM INFORMASI VIRTUAL REALITY) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL TOUR TEMATIK BAGI ANAK USIA DINI

Lukmanulhakim Lukmanulhakim

Abstract


Teknologi informasi memiliki peranan yang signifikan pada pendidikan, demikian pula pendidikan anak usia dini. Diperlukan keterampilan literasi digital yang baik bagi anak, orang tua, dan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Savari sebagai sistem informasi berbasis virtual reality (VR) tematik untuk anak usia dini. Fokus produk pengembangan adalah virtual tour tempat ibadah di Kota Pontianak.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) berbasis produk. Proses penelitian menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan pengukuran skala Guttman. Peneliti menguji rancangan produk kepada ahli materi dan ahli media sebelum diujicobakan.

Hasil pengembangan dalam bentuk media pembelajaran virtual tour tematik dengan tema rumah ibadah di Kota Pontianak. Visualisasi aset VR 360 dari rumah ibadah 6 Agama besar di Indonesia yaitu, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Sistem informasi bersifat VR yang dikembangkan dapat memberikan informasi suatu objek yang dapat dilihat secara visual dalam bentuk 3D bangun ruang, memiliki konten audiovisual, terintegrasi dengan sistem informasi geografis berbasis Google, memiliki nilai edukasi bagi anak usia dini setiap objek, menjadi petunjuk bagi pengunjung, serta nilai literasi tentang kearifan lokal menggunakan gawai digital.

Keywords


virtual reality, literasi digital, anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Arief, S. Sadiman; Rahardjo, R; dan Aryono, R, (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Davis, L. (2022, Januari 11). How the metaverse is shaping the future of education. Metapress. Diakses pada 11 April, 2022, melalui https://metapress.com/how-the-metaverse-is-shaping-the-future-of-education/

Haryoko, Sapto & Jaya, Hendra (2014). Laboratorium Virtual, Konsep dan Desain. Edukasi Mitra Grafika: Makasar.

Hasmalena. (2009). Implementasi Asesmen Portofolio Pada Anak Usia Dini. Tesis. Bandung: UPI Bandung.

Januszewsky, A. & Molenda, M. (eds.). (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. London & New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Kay, K. & Greenhill, V. (2011). Twenty-First Century Students Need 21st Century Skills. In G, Wan & D.M, Gut, (Eds.), Bringing Schools into the 21st Century. London & New York: Springer: 41-65.

Kye, B., Han, N., Kim, E., Park, Y., & Jo, S. (2021). Educational applications of metaverse: possibilities and limitations. Journal of educational evaluation for health professions, 18, 32. https://doi.org/10.3352/jeehp.2021.18.32

Lukmanulhakim, Linarsih, A., dan Setiawan, A. 2023. Digital Literature Understanding of Early Childhood Education Teachers in Pontianak, West Kalimantan. Jurnal Kiddo: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8235

McFadzean Elspeth, (2001). supporting virtual learning groups. part 1: a pedagogical Perspective, Team performance Management : An lnternational Journal, Vol.7, No.:3/4, p.53-62

Mystakidis, S. (2022). Metaverse. In Encyclopedia, 2(1), 486-497. https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031

Nugroho, E. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi

Phil, P. R. D. (2020, September 28). Pros and cons of digital learning. Psychology Today. Diakses pada 6 April, 2022, melalui https://www.psychologytoday.com/us/blog/digital-world-real-world/202009/pros-and-cons-digital-learning

Phil, P. R. D. (2021, Oktober 27). Will the metaverse impact mental health. Psychology Today. Diakses pada 6 April, 2022, melalui https://www.psychologytoday.com/us/blog/digital-world-real-world/202110/will-the-metaverse-impact-mental-health

Raymod, J, dan George P Schell. (2008). Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Setiawan, A., Lukmanulhakim, Linarsih, A. (2023). Efektivitas Gerakan Literasi Digital di Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 15, No. 1. https://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994

Witono, O. (2022, Maret 27). Memahami dilemma metaverse dalam ruang edukasi pembelajaran. Geotimes. Diakses pada 8 April, 2022, melalui https://geotimes.id/opini/memahami-dilema-metaverse-dalam-ruang-edukasi-pembelajaran/

Woolfolk, A. (2016). Educational Phychology. 13th edition. Pearson Education

Yudhanto, Yudho dan Sulistiawan, Anggi (2022). Panduan Aplikasi Virtual Reality. Kompas Gramedia: Jakarta.

Yudhi Munadi, (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v16i2.79621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats