PENGARUH PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh pendidikan guru penggerak dan pendampingan pengajar praktik terhadap kompetensi manajerial guru penggerak. Dengan populasi 230 guru penggerak di Kabupaten Semarang dan sampel 70 orang yang dipilih melalui teknik proportional stratified random sampling, data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif, uji persyaratan, dan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan guru penggerak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, terbukti dari hasil uji t (6,923 ≥ 1,99, Sig. 0,000 < 0,05). Selain itu, pendampingan pengajar praktik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, dibuktikan dengan hasil uji t (10,629 ≥ 1,99, Sig. 0,000 < 0,05). Secara simultan, pendidikan guru penggerak dan pendampingan pengajar praktik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji F (84,169 > 3,13, Sig. 0,000 < 0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, F., & Ginting, L. R. 2021. Movement teacher. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism, 3(2), 142–157.
Faiz, A., Sa’diyahb, H., & Yunawatic, H. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Program Guru Penggerak Di SDN 1 Kalikoa Cirebon. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Volume 06. Punlikasi tanggal 02 Oktober 2022. e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/90
Kemdikbud, Panduan Pendidikan Guru Penggerak, (Jakarta, 2020) h.4
Kusumah, W. & Alawiyah, T. 2021. Guru Penggerak Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. CV Andi Offset, Ed.I cetakan I. Yogyakarta.
Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. 2021. Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. 11 (1), 1–12
Siagian, Sondang P. 2018. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. 2021. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Simon, Petrus Rafael. 2020. Paradigma dan Visi Guru Penggerak, Kemdikbud, Jakarta, Modul 1, h.3.
Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. 2022. Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 376-387. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/667
Tahajudin, D., Rokmanah, S. and Putri, C.H. 2023. Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8, 4 (Oct. 2023), 1967–1972. DOI:https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1631.
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. 2020. Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50.
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v16i3.79295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.