TINGKAT KEMAMPUAN ASPEK PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL TAPO’ PIPIT
Abstract
This research aims to measure the improvement in aspects of the development of religious and moral values in children aged 5-6 years at the Primanda Untan Kindergarten through the traditional game tapo'pipit. This research is a type of quantitative descriptive research with an experimental method. The research subjects were children aged 5-6 years in group B2 with a total of 11 children from Primanda Untan Kindergarten. The data collection technique is observation technique with descriptive analysis. The results of the research show that there is an increase in children's ability to develop aspects of religious and moral values after playing the traditional game tapo'pipit. This is proven by the results of the frequency data obtained in the "Very Well Developing" category of 8 with a percentage value of around 83%- 100%. Furthermore, the "Developing According to Expectations" category is 3 with a percentage value of around 64% -83%.
Keywords: NAM ability level, early childhood, traditional tapo' pipit game.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan aspek perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Primanda Untan melalui permainan tradisional tapo’pipit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eskperimen. Subyek penelitian ini anak usia 5-6 tahun di kelompok B2 dengan jumlah 11 orang anak dari TK Primanda Untan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dengan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan perkembangan aspek nilai agama dan moral anak setelah bermain permainan tradisional tapo’pipit. Dibuktikan dengan hasil data frekuensi yang diperoleh pada kategori “Berkembang Sangat Baik” sebesar 8 dengan nilai persentase sekitar 83%-100%. Selanjutnya pada ketegori “Berkembang Sesusi Harapan” sebesar 3 dengan nilai presentase sekitar 64%-83%.
Kata Kunci: Tingkat kemampuan NAM, anak usia dini, permainan tradisional tapo’ pipitKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v 1i1.28
Budiyati, U. (2021). APE UNTUK PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL
ANAK. Jurnal Warna, 5(1). https://www.jurnal.unugha.ac.id/ index.php/warna/article/view/28 1/165
Dyah Ratih Susetya, P. & Z. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://journal.um- surabaya.ac.id/Pedagogi/article/v iew/12284
Fadillah, M. (2019). Buku Ajar: Bermain & Permainan Anak Usia Dini (Edisi Pert). Prenadamedia Group.
Fithri, R., & Ariani, N. (2023). Analisis Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-
Tahun Pendahuluan Perkembangan moral anak usia dini berada pada level atau tingkatan yang paling.
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15.
https://doi.org/10.24042/ajipaud.
v3i1.6500
Haris, I. (2016). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 15–31.
Lubis, H. Z. (2023). Permainan Tradisional: Mengembangkan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Muhajirin, M., & Andriana, Y. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Usia Dini. 02(02), 131–
https://doi.org/10.31004/obsesi.v 7i2.3474
Rahman Habibu, Kencana Rita, N. (2020). PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.
Rawanti, S., Hardiyanti, W. E., Siregar, I. K., & Juniarti, Y. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dan Metode Pembelajaran Scaffolding Terhadap Perilaku Moral Anak. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1),
–704.
http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index
.php/Aksara
Restati Siregar, N., & Ilham, M. (2019). Traditional Game As a Way for Healthy in Bajo’s Children. KnE Life Sciences, 4(11), 19.
https://doi.org/10.18502/kls.v4i1
3848
Rosaria, M., & Rahayu, S. S. (2022). Mengembangkan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Singkongan Di Tk Santa Anna. Sentra Cendekia, 3(2), 81. https://doi.org/10.31331/senceni vet.v3i2.2152
Safitri, & Kuswanto, & A. (2019). METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI.
JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2). ttp://dx.doi.org/10.15408/jece.v1 i2.13312
Samosir, R. (2021). Efektivitas Permainan Tradisional Batak bagi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 333–338.
http://jurnaledukasia.org Sapriyah. (2019). MEDIA
PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR
MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Saripaini, S., Hanif, M., & Lessy, Z. (2022). Spiritualitas Dalam Narasi dan Pantang Larang Permainan Tradisional di Kalangan Anak-Anak Desa Punggur Kecil, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Gulawentah: Jurnal Studi …, 7(2), 133–144. https://doi.org/10.25273/gulawen tah.v7i2.12625
Siti Nur Hayati, & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64.
https://doi.org/10.25299/jge.202 1.vol4(1).6985
Widiana, Y. W., Saepudin, A., & Dari, R. W. (2023). Strategi Perkembangan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 83–94. https://jurnal.rakeyansantang.ac.i d/index.php/plamboyan/article/vi ew/325
Zain, A. (2021). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Penerbit Insania.
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v16i2.78713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.