Pemetaan Masalah-Masalah Pendidikan Nonformal Di Kalimantan Barat: ( Implikasi Terhadap Peningkatan Akses Layanan Pendidikan Bermutu )

Mastar Asran

Abstract


Upaya-upaya perluasan akses dan peningkatan mutu layanan pendidikan, termasuk pendidikan nonformal merupakan kebijakan mendasar dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Upaya-upaya tersebut di samping membutuhkan komitmen yang tinggi dari para pengambil kebijakan, juga perlu didukung oleh semua institusi-institusi terkait, lembaga-lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi serta seluruh masyarakat untuk dapat berperan secara optimal sesuai dengan kapasitas dan kewenangan masing-masing.

Untuk mengetahui secara nyata masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan nonnformal, telah dilakukan penelitian pada sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Penelitian yang terarah pada pemetaan masalah pendidikan nonformal di Kalimantan Barat. ini menemukan beberapa masalah mendasar berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan nonformal yang perlu dikaji dan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berwenang guna memperluas akses dan peningkatan mutu pendidikan di Kalimantan Barat.

Kata-kata Kunci: Pendidikan Nonformal, Akses Layanan Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v5i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Mastar Asran



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats