PENGARUH KREDIBILITAS, KOMPENSASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP SWASTA DI KOTA BATU

Dwi Rudy Prasetyo, Dwi Rudy Prasetyo, Mustiningsih Mustiningsih, Raden Bambang Sumarsono

Abstract


 

This study focuses on the impact of teacher credibility, compensation, and job satisfaction on the performance of private junior high school teachers in Kota Batu. Employing a quantitative approach, it involves 147 teachers based on the 2023 data of Kota Batu. The research aims to evaluate the influence of teacher credibility, compensation, and job satisfaction on teacher performance and provide solutions to elementary education management issues. Data collection methods include observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis utilizes Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS3 and IBM SPSS 26. The results indicate that teacher credibility positively affects the image and trust, while job satisfaction positively influences motivation, performance, and teacher retention, with fairness in compensation considered a key factor.

Keywords: credibility, compensation, Job satisfaction, Teacher performance.

 

Abstrak

Penelitian ini fokus pada dampak kredibilitas guru, kompensasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMP Swasta Kota Batu. Dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 147 guru berdasarkan data Kota Batu 2023. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh kredibilitas, kompensasi, dan kepuasan kerja pada kinerja guru serta memberikan solusi terhadap masalah manajemen pendidikan dasar. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS3 dan IBM SPSS 26. Hasil menunjukkan kredibilitas guru berdampak positif pada citra dan kepercayaan, sementara kepuasan kerja berpengaruh positif pada motivasi, kinerja, dan retensi guru, dengan keadilan kompensasi sebagai faktor kunci.

 

Kata Kunci: Kredibilitas, Kompensasi, Kepuasan kerja, Kinerja guru.


Keywords


Kredibilitas, Kompensasi, Kepuasan kerja, Kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar (SMP) Di Gugus Krida Manggala Kecamatan Rembang Purbalingga. 87(1,2), 149–200.

Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8

ukabumi, K., Jl, P., & Kota, P. (2021). Pengembangan Instrumen Kepuasan Kerja Guru Honorer Info Artikel Diterima Diterima dalam bentuk review 18 Mei 2021 Diterima dalam bentuk Keywords : Kata kunci : Pengembangan Instrumen Kepuasan Kerja Guru Honorer Pendahuluan Pendidikan mewariskan nilai-nila. 2(5), 876–885.

Alamsah, D. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Honorer Di Sekolah Dasar Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar …. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/12848-Full_Text.pdf

Alexandra, T. K., Hardhienata, S., & ... (2023). Penguatan Kepemimpinan Visioner Dan Kepuasan Kerja Dalam Upaya Peningkatan Organizational Citizenship Behaviour. Jurnal Manajemen …, 11(01), 19–24. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/7701%0Ahttps://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/download/7701/3909

Alung, M. A. N. L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri (Man) Lubuk Alung Rika Verawati.

Apriani, H., Anggraini, I., & Effendi, Y. (2021). Analysis Of Factors Affecting Job Satisfaction Of State Civil Servants At The Regional Financial Agency Of Kaur Regency Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kaur. 74–80.

April, V. N., Ips, B. G., Malang, K., & Kunci, K. (2018). Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial Abstrak. 1(1), 39–45.

Aviana, B., & Maisaroh, S. (2015). Proporsional Random Sampling . Aviana, Brian Maisaroh, Siti, 3, 2400.

Bafadal, I., Nurabadi, A., Soepriyanto, Y., & Gunawan, I. (2020). Primary School Principal Performance Measurement. 487(Ecpe), 19–23. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.004

Briliarto, K., Probosari, N., Rahatmawati, I., & Manajemen, P. S. (2020). Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasional. 17(2), 1–7.

Burhanuddin, B., & Sunarni, S. (2017). Pengukuran Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p001

Demartoto, A. (2006). Kata-kata kunci : ODHA, Masalah Sosial Dan Pemecahannya, 12(Januari), 73–91.

Ekosusilo, M. (2009). Motivasi Kerja , Kinerja , Dan Kepuasan Kerja. 134–143.

Ernawati. (2012). Pengaruh penataran guru terhadap performansi mengajar di sekolah menengah atas negeri 1 kampar kiri kabupaten kampar.

Fahmi, A., & Hariasih, M. (2016). Pengaruh Motivasi , Pengalaman Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Ngoro Jombang Abstrak Pendahuluan. 2(2), 81–90. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i2.1098

Faojin. (2023). Educativa : Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1(1), 21–27.

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id

Firmiana, M. E., & Nida, F. (2015). Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja Guru SMP Awal. 1, 96–108.

Garaika, G. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 28–41. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4181

Giovando, A., & Wahid, S. (2018). Hubungan Antara Suasana. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i1.4

Guarango, P. M. (2022). Kredibilitas Guru Pai Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi. 8.5.2017, 2003–2005.

Hakim, A. R., & Muhdi, M. (2020). Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Smk Swasta Di Wilayah Timur Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9354

Hardianto, H. (2018). Optimalisasi Kepuasan Kerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 190–195. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p190-195

Haryono, M., & Hidayah, I. (2018). Contribution of Supervision of School Supervisor and School Quality Culture on Primary School ’ s Managerial Competence. 7(1), 25–32.

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Syafira, N. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. 8(1), 89–95.

Hujair, O., & Sanaky, A. H. (n.d.). Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. XII, 29–45.

Ilyas, Z., Nurul, U., & Probolinggo, J. (2017). Kredibilitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jima.

Ilyasir, F. (2018). Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Profesionalisme Guru. 4(March 2016). https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).143-152

Imron, A. (2019). Hubungan motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan. 2, 10–16.

Imron, A. (2023). Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian Tindakan Sekolah. 1–9.

Indra Syafrin, Fasridon Fasridon, & Yuli Angraini. (2022). Pengaruh Pengembangan Karir Kompensasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Guru SMAN 8 Merangin. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 268–280. https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i1.339

Irwana, A. (n.d.). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. 2, 104–119.

Jer, N. (2016). Profesionalisme Bagi Guru dan Dosen (pp. 1–5).

Journal, L. (2016). Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016. 4(1).

Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal Dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. 2(5), 630–638.

Kesiapan, D., Menyongsong, G., & Industri, R. (2020). Peran kepemimpinan visioner kepala sekolah hubungannya dengan kesiapan guru menyongsong revolusi industri 4.0. 4, 101–112.

Kosanke, R. M. (2019). Pendidikan Sebagai Sistem. 10, 21–26.

Kumala, I. P., & Bafadal, I. (2018). Hubungan Antara Kepuasan Kerja , Kompetensi , Dan Inovasi. 1(1996), 400–409.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2019). Professional ethics and teacher teaching performance: Measurement of teacher empowerment with a soft system methodology approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 611–624.

Laili, N. (2021). Guru Merupakan Profesi Yang Sangat Mulia. https://doi.org/10.31219/osf.io/ue2t4.




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v16i2.73274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats