MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DENGAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK RESTRUKTURING KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling kelompok teknik restrukturing kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik menggunakan mixedmethods model embedded experimental. Menggunakan skala kecemasan akademik dengan subjek penelitian terdiri dari 14 orang yang terbagi menjadi kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata hasil pretest kelompok eksperimen=105,4 kelompok kontrol =105,7 dan setelah diberikanya perlakuan diperoleh rata-rata postest kelompok eksperimen =80,28 dan kelompok control =90,14. Hasil uji wilcoxon signed-rank test nilai Z= -2,371 dengan nilai p sebesar 0,018. Nilai p lebih kecil dari pada 0,05 (0,183 < 0,05), dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti konseling kelompok teknik restrukturing kognitif efektif untuk mereduksi kecemasan akademik. Secara kualitatif dilihat dari analisis percakapan konseling dengan kecemasan akademik yang tinggi terfokus pada perasaan tertekan, tidak yakin akan kemampuan diri, takut, khawatir, tuntutan sekitar, tidak disukai, tidak percaya diri. Perubahan yang terjadi mengarah dalam kategori tinggi ke kategori sedang sampai rendah. Hal ini menunjukan bahwa intervensi konseling kelompok dengan teknik kognitif restrukturing memiliki dampak perubahan terapeutik terhadap konseli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.
Bariyyah, K. (2013). Faktor Penyebab Stres Akademik. [Online]. Tersedia: http://www.konselingkita.com/?p=493.
Beck, Judith S. (2011). Cognitive-Behavior Therapy: Basic and Beyond (2nd ed). New York: The Guilford Press
Creswell, J. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif fan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Galdding, Samuel T. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh, edisi keenam. Alih Bahasa : winarno dan Lilian Y. Jakarta : Indeks
Goetz, thomas.et all. 2015. Affect and Motivation Within and Between school aubjects: Development and validation of an Intergrative structural model of academic self concept, interest, and anxiety. International Jurnal Contemporary Educational Psychilogy.
Nursalim, Mochamad. 2014. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta : Indeks
Olson, Matthew & Hergenhahn, B.R. 2013. Pengantar Teori-Teori Kepribadian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Pekrun, R., Frenzel, A. C., Goetz, T., & Perry, R. P. (2007). The Control-Value Theory of Achievement Emotions: An Integrative Approach to Emotions in Education. In P. A. Schutz & R. Pekrun (Eds.), Emotion in Education. Burlington: Elsevier Inc
Prawitarsa, JE. 2012. Psikologi Terapan Melintasi Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga
Sanitria, Nazriati, E & Firdaus. Hubungan kecemasan akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau tahun 2013/2014. Jurnal Fakultas Kedokteran UNRI. 1(2).
Vitasari et al. 2010. A Research for Identifying Study Anxiety Sources Among University Student. International Education Studies. 3 (2):189-193.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i2.67156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.