IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN LITERASI KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM ASH-SHODDIQ
Abstract
Equipping soft skills to teach citizens to master digital-based financial management through digital-based financial literacy is an important strategy in improving equity education. This study aims to clearly describe how PKBM Ash-Shoddiq Lembang West Bandung Regency implements digital-based financial literacy training. In this study, descriptive method was used to obtain qualitative data from 10 respondents consisting of 5 academic residents, 3 teaching assistants, and 2 managers. The results showed that the implementation of digital-based financial literacy training began with the planning, socialization, and needs identification stages, followed by implementation using andragogical and participatory strategies using Microsoft Excel media. The results of the training showed an increase in understanding and knowledge in the main aspects of financial literacy.
Keywords: Training, Financial Literacy, Digital.
Abstrak
Membekali soft skill untuk mengajarkan warga menguasai pengelolaan keuangan berbasis digital melalui literasi keuangan berbasis digital menjadi strategi penting dalam meningkatkan pendidikan ekuitas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas bagaimana PKBM Ash-Shoddiq Lembang Kabupaten Bandung Barat melaksanakan pelatihan literasi keuangan berbasis digital. Dalam penelitian ini, metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data kualitatif dari 10 responden yang terdiri dari 5 orang residen akademik, 3 orang asisten pengajar, dan 2 orang manager. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelatihan literasi keuangan berbasis digital dimulai dengan tahap perencanaan, sosialisasi, dan identifikasi kebutuhan, dilanjutkan dengan pelaksanaan menggunakan strategi andragogical dan partisipatif dengan menggunakan media Microsoft Excel. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan dalam aspek utama literasi keuangan.
Kata Kunci: Pelatihan, Literasi Keuangan, Digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Chinsya, R. N. D. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Kewal Anastasia Sri, S. S. M. (2013). Tingkat Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa Stie Musi (Financial Literacy Level among Students Stie Musi). Jurnal Economia, Vol 9, No 2 (2013), 130–140. http://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/1804
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139
Nurhayati, Sri. Pendidikan Masyaratakat Menghadapi Digitalisasi. El-Markazi. Bengkulu. 2021.
Subardi, H. M. P., & Indri Yuliafitri. (2019). Hani Meilita, dkk.: Efektivitas Gerakan Literasi…. Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah, 5(1), 31–44.
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 5–10
DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v15i2.63759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.