PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP BLENDED E-LEARNING

Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota

Abstract


Abstract

This study aims to determine student perceptions of blended e-learning with the Google meeting application and WhatsApp group on PPKn Development course for SD/MI PGMI FTIK IAIN Pontianak.This research uses quantitative survey research. The population of this research are students in semester 3 of the academic year 2021/2022 with 150 people. The sample using random sampling technique amounted to 120 people. The type of instrument used is a student perception questionnaire. Perceptions of post-pandemic blended e-learning with an average quality performance index (IKM) of 3.2 in the good category. However, there are two aspects, namely the ease of network access and also the influence on lecture interactions, therefore it is necessary to pay attention for institutions to minimize network disturbances that occurred during online lectures.

Keywords: Perceptions, Blended e-learning.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran blended e-learning dengan aplikasi google meeting dan whatshapp grup pada mata kuliah Pengembangan PPKn SD/MI Prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 150 orang. Sampel menggunakan Teknik random sampling berjumlah 120 orang. Jenis instrument yang digunakan adalah angket persepsi mahasiswa. Persepsi pembelajaran blended e-learning pasca pandemi dengan rata-rata nilai indeks kinerja mutu (IKM) 3,2 dengan kategori baik. Namun ada dua aspek yaitu pada kemudahan akses jaringan dan juga berpengaruh terhadap interaksi perkuliah, maka dari itu perlu menjadi parhatian lembaga untuk menimalisir gangguan-gangguan jaringan yang terjadi saat perkuliahan daring.

 

Kata Kunci: Persepsi, Blended e-learning.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Bayu Fitra Prisuna. (2022). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di IAIN Pontianak. Jurnal Program Studi PGRA, Vol 8 (1), hal. 1-17.

Calvin E. Mamahit. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa (The Effect of the Blended Learning Model on Student Learning Outcomes and Perceptions]. Jurnal Ilmiah. Vol. 17 (1), hal. 67-83

Creswell. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Hilliard, A. T. (2015). Global Blended Learning Practices For Teaching And Learning, Leadership And. Journal of International Education Research, 11(3), 179 –188

Marhaeni, Dantes, Astawa. (2018). Bahan Ajar Pekerti Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Depok: Raja Grafindo Persada.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 384 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pembelajaran diperguruan tinggi mulai semester gasal tahun akademik 2021/2022 diselenggarakan dengan pembelajaran tatap muka

Menteri Kesehatan No. HK.01.08/Menkes/4242/2021 Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pembelajaran diperguruan tinggi mulai semester gasal tahun akademik 2021/2022 diselenggarakan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol Kesehatan, dan/atau daring.

Pusvita Sari. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Pembelajaran Blended Learning pada Aplikasi whatshapp grup di INSUD Lamongan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 2 (1), hal. 1-17. https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.104.

Rio Saputra. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Blended Learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Journal of Science and Social Research. Vol. 4 (3,) hal. 283-290.

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 yang Diperkuat dengan Surat Edaran Sekjen no. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Covid

Siti Asiyah. (2021). Persepsi Mahasiswa Universitas PGRI Palembang terhadap Pembelajaran Daring di Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 14 (2), hal. 1-6. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.21800.

Undang-Undang Perguruan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012, pasal 31 tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Wang, N., Chen, J., Tai, M., & Zhang, J. (2019). Blended learning for Chinese university EFL learners: Learning environment and learner perceptions. Computer Assisted Language Learning, 32(7), 1-27. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1607881




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i1.61040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats