EFEKTIFITAS FOUR-SQUARE WRITING TECHNIQUE (FSWT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR: PRE-EXPERIMENT STUDY
Abstract
The Four-Square Writing Technique, sering dikenal sebagai FSWT, adalah pendekatan yang membantu siswa meningkatkan tulisan mereka, menghubungkan ide-ide mereka, dan mengatur pemikiran mereka. Selain itu, siswa diberi kesempatan untuk menggeneralisasi dan menggabungkan prinsip, fakta, dan pemikiran yang paling bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan FSWT dalam menulis teks deskriptif siswa melalui pre-experimental design. Ke-25 partisipan tersebut dipilih secara purposive dari kelas 5-A di SDN Karangpuri 2 tahun ajaran 2021/2022. Pre-test dan post-test diterapkan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan terhadap efektivitas FSWT pada keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Berdasarkan hasil uji-t berpasangan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan menulis berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa karena tingkat signifikansi (dua sisi) lebih rendah dari alpha (0.02 < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FSWT efektif dan menerima Ha sebagai data yang diperiksa. Hal ini tersirat bahwa FSWT sebagai teknik yang efektif untuk mengajar menulis untuk siswa kelas V dan dipengaruhi oleh tingkat kreativitas siswa. Dengan demikian, penelitian lebih lanjut dapat menerapkan pendekatan ini untuk mengeksplorasi efektivitas FSWT di tingkat lain bidang Pendidikan dan genre teks lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, V. (2017). Four Square Writing Method Applied in Product and Process Based Approaches Combination To Teaching Writing Discussion Text. English Review: Journal of English Education, 6(1), 89. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.774
Amos, V., Waris, A., & Wahyudin. (2019). Improving Writing Ability of Grade Eight Students Through Four Square Writing Method. E-Journal of ELTS (English Language Teaching Society), 7(1), 1–8. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/13445
Arifin Wahyu Setyo Nugroho, Gunarso Susilohadi, A. H. P. (2014). THE USE OF FOUR SQUARE WRITING METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (An Action Research at the Seventh Grade of SMP Negeri 1 Banjarejo in Academic Year 2011/2012). English Education, 2(2), 179–188.
Cook, S. (2013). In-Text Feedback: Marks for Grammar, Mechanics & Style. Providing Feedback on Student Writing, 1–24. https://www.sjsu.edu/aanapisi/docs/ProvidingFeedbackonStudentWritingbySaraCook.pdf
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907-1914.
Gould, J.S., & Gould, E. J. (1999). Four square writing method: Grade 3-5. Carthage, IL: Teaching and Learning Company.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. https://www.neliti.com/id/publications/71420/kesulitan-siswa-sekolah-dasar-dalam-meningkatkan-kemampuan-literasi
Kuyyogsuy, S. (2019). Promoting Peer Feedback in Developing Students’ English Writing Ability in L2 Writing Class. International Education Studies, 12(9), 76. https://doi.org/10.5539/ies.v12n9p76
Lei, Z. (2017). Salience of student written feedback by peer-revision in EFL writing class. English Language Teaching, 10(12), 151. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p151
Leonhardt. (2001). Cara menjadikan anak anda bergairah menulis. Kaifa.
Lumenta, F. M., Surista, A., & Kurnia, A. (2020). Four square method for improving students’ writing ability in EF Teens & Kids Kalimalang. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56724/etude.v1i1.5
Musfa’ah, A., Slamet, J., & Arbi, A. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis KineMaster untuk Pendidik di SDN Petemon X/358 Surabaya. Jurnal Abdidas, 3(4), 748-755.
Muslaini, A. F. (2022). An Investigation of Students’ Writing Skills : A Study of the Four-Square Writing Approach. EDTC- Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(2), 184–191. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i2.337
Muth’im, A., & Norhasanah. (2022). Four Square Writing Method as A Technique to Teach Descriptive Writing. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 5(2), 259–277. https://doi.org/10.30762/jeels.v5i2.580
Norhasanah, A. M. &. (2018). Four Square Writing Method as a Technique to Teach Descriptive Writing. JEELS, 5(2), 259–277.
Prasetya, E. W. (2020). The eclectic use of the process and the genre approaches through the implementation of four-square technique in teaching EFL writing. Journal of Linguistics and Language Education, 2(2), 55–60.
Setiawati, G. D., Sudarsono, S., & Riyanti, D. (2019). Teaching Writing Descriptive Texts Using Four Square Writing Method (FSWM). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10, 1–8.
Siagian, A. R. (2018). The Effect of Using Four Square Method in Writing Notice Text at the Grade VII of SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Untirta Education Journal, 3(1), 21–40.
Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 516-523.
Ullah, W. O. R. Y. (2015). Improving students’ writing skill using four square writing method. Proceeding of the Seventh International Conference on Applied Linguistics (5th Ed).
Widodo, J. P., & Slamet, J. (2022). Developing LMS Through Moodle in Teaching ‘Article Writing for Journal’ for Post Graduate Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.002
Wijiastuti, S. F. (2010). Improving students’ writing skill using four square writing method (A collaborative action research at the eighth grade students of SMP Negeri 19 Surakarta in 2009/2010). Unpublished paper. Sebelas Maret University.
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i2.60786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.