EFEKTIFITAS FOUR-SQUARE WRITING TECHNIQUE (FSWT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR: PRE-EXPERIMENT STUDY

Alfira Akhlaqul Karimah, Satrio Wibowo, Galuh Kartika Dewi

Abstract


The Four-Square Writing Technique, sering dikenal sebagai FSWT, adalah pendekatan yang membantu siswa meningkatkan tulisan mereka, menghubungkan ide-ide mereka, dan mengatur pemikiran mereka. Selain itu, siswa diberi kesempatan untuk menggeneralisasi dan menggabungkan prinsip, fakta, dan pemikiran yang paling bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan FSWT dalam menulis teks deskriptif siswa melalui pre-experimental design. Ke-25 partisipan tersebut dipilih secara purposive dari kelas 5-A di SDN Karangpuri 2 tahun ajaran 2021/2022. Pre-test dan post-test diterapkan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan terhadap efektivitas FSWT pada keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Berdasarkan hasil uji-t berpasangan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan menulis berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa karena tingkat signifikansi (dua sisi) lebih rendah dari alpha (0.02 < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FSWT efektif dan menerima Ha sebagai data yang diperiksa. Hal ini tersirat bahwa FSWT sebagai teknik yang efektif untuk mengajar menulis untuk siswa kelas V dan dipengaruhi oleh tingkat kreativitas siswa. Dengan demikian, penelitian lebih lanjut dapat menerapkan pendekatan ini untuk mengeksplorasi efektivitas FSWT di tingkat lain bidang Pendidikan dan genre teks lainnya.


Keywords


FSWT; menulis; efektifitas;

Full Text:

PDF

References


Agustiana, V. (2017). Four Square Writing Method Applied in Product and Process Based Approaches Combination To Teaching Writing Discussion Text. English Review: Journal of English Education, 6(1), 89. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.774

Amos, V., Waris, A., & Wahyudin. (2019). Improving Writing Ability of Grade Eight Students Through Four Square Writing Method. E-Journal of ELTS (English Language Teaching Society), 7(1), 1–8. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/13445

Arifin Wahyu Setyo Nugroho, Gunarso Susilohadi, A. H. P. (2014). THE USE OF FOUR SQUARE WRITING METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (An Action Research at the Seventh Grade of SMP Negeri 1 Banjarejo in Academic Year 2011/2012). English Education, 2(2), 179–188.

Cook, S. (2013). In-Text Feedback: Marks for Grammar, Mechanics & Style. Providing Feedback on Student Writing, 1–24. https://www.sjsu.edu/aanapisi/docs/ProvidingFeedbackonStudentWritingbySaraCook.pdf

Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907-1914.

Gould, J.S., & Gould, E. J. (1999). Four square writing method: Grade 3-5. Carthage, IL: Teaching and Learning Company.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. https://www.neliti.com/id/publications/71420/kesulitan-siswa-sekolah-dasar-dalam-meningkatkan-kemampuan-literasi

Kuyyogsuy, S. (2019). Promoting Peer Feedback in Developing Students’ English Writing Ability in L2 Writing Class. International Education Studies, 12(9), 76. https://doi.org/10.5539/ies.v12n9p76

Lei, Z. (2017). Salience of student written feedback by peer-revision in EFL writing class. English Language Teaching, 10(12), 151. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p151

Leonhardt. (2001). Cara menjadikan anak anda bergairah menulis. Kaifa.

Lumenta, F. M., Surista, A., & Kurnia, A. (2020). Four square method for improving students’ writing ability in EF Teens & Kids Kalimalang. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56724/etude.v1i1.5

Musfa’ah, A., Slamet, J., & Arbi, A. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis KineMaster untuk Pendidik di SDN Petemon X/358 Surabaya. Jurnal Abdidas, 3(4), 748-755.

Muslaini, A. F. (2022). An Investigation of Students’ Writing Skills : A Study of the Four-Square Writing Approach. EDTC- Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(2), 184–191. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i2.337

Muth’im, A., & Norhasanah. (2022). Four Square Writing Method as A Technique to Teach Descriptive Writing. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 5(2), 259–277. https://doi.org/10.30762/jeels.v5i2.580

Norhasanah, A. M. &. (2018). Four Square Writing Method as a Technique to Teach Descriptive Writing. JEELS, 5(2), 259–277.

Prasetya, E. W. (2020). The eclectic use of the process and the genre approaches through the implementation of four-square technique in teaching EFL writing. Journal of Linguistics and Language Education, 2(2), 55–60.

Setiawati, G. D., Sudarsono, S., & Riyanti, D. (2019). Teaching Writing Descriptive Texts Using Four Square Writing Method (FSWM). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10, 1–8.

Siagian, A. R. (2018). The Effect of Using Four Square Method in Writing Notice Text at the Grade VII of SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Untirta Education Journal, 3(1), 21–40.

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 516-523.

Ullah, W. O. R. Y. (2015). Improving students’ writing skill using four square writing method. Proceeding of the Seventh International Conference on Applied Linguistics (5th Ed).

Widodo, J. P., & Slamet, J. (2022). Developing LMS Through Moodle in Teaching ‘Article Writing for Journal’ for Post Graduate Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.002

Wijiastuti, S. F. (2010). Improving students’ writing skill using four square writing method (A collaborative action research at the eighth grade students of SMP Negeri 19 Surakarta in 2009/2010). Unpublished paper. Sebelas Maret University.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i2.60786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats