Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Sungai Ambawang Melalui Pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (619 - 630) - H.A Melati

H.A Melati

Abstract


Metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Sungai Ambawang pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menggunakan model Advance Organizer berlatar Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebanyak 25 orang siswa berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus satu sampai siklus dua. Lembar observasi dan tes hasil belajar digunakan untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas yang meliputi visual activities, oral activities, writing activities, mental activities dan hasil belajar siswa yang telah mencapai indikator keberhasilan pada siklus dua.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, advance organizer, numbered heads together (nht), kelarutan dan hasil kali kelarutan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 H.A Melati



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats