PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI SISWA SMK KELAS X

Karunia Dwi Selfia

Abstract


Pendidikan merupakan usaha nyata dan terstruktur dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan potensi yang dimikilinya. Proses pembelajaran juga memiliki peran penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Aspek yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran diantara dengan menggunakan media pembelajaran karena dapat menjadi perantara antara pendidik dan peserta didik, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis AR untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dipadukan dengan model pengembangan produk ADDIE. Subjek uji media dilakukan terhadap siswa kelas X dengan metode SUS serta dilakukan uii coba ahli media dan ahli materi dengan pengumpulan data yang menggunakan angket. Media pembelajaran berbasis AR memperoleh hasil penilaian dari siswa dengan skor 78 dengan kriteria acceptable, sedangkan ahli media diperoleh rata-rata koefisien V sebesar 0,84 dengan hasil reliabilitas 0,880 dan dinyatakan reliabilitas kuat.. Ahli materi diperoleh rata-rata koefisien sebesar 0,94 dan hasil reliabilitas dengan nilai 0,815 dengan kriteria reliabilitas kuat. Sehingga dinyatakan media pembelajaran Dasar Desain Grafis berbasis Augmented Reality layak diimplementasikan untuk siswa.


Keywords


Augmented Reality, Media Pembelajaran, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Ainni, Labiibah Nur. 2020. “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Tata Surya Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar.” Jurnal Multi Media Dan IT 4(2). doi: 10.46961/jommit.v4i2.334.

Atmajaya, Dedy. 2017. “Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif.” ILKOM Jurnal Ilmiah 9(2):227–32. doi: 10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232.

Balandin, Sergey, Ian Oliver, Sergey Boldyrev, Alexander Smirnov, Nikolay Shilov, and Alexey Kashevnik. 2010. “Multimedia Services on Top of M3 Smart Spaces.” Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010 13(2):728–32. doi: 10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

BISRI, W. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Pemanasan Global Kelas Vii Smpn ….” Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id.

Giana, Gebi Juan, and Samsul Lutfi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Sakra.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 3(1):20. doi: 10.29408/edumatic.v3i1.1390.

Hakim, Lukman. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 21(1):59–72. doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.

Molina, Gina, and Thamrin Thamrin. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 9(4):20. doi: 10.24036/voteteknika.v9i4.114206.

Mukti, Fajar Dwi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Di Kelas V MI Wahid Hasyim.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 7(2):299. doi: 10.21043/elementary.v7i2.6351.

Nuraisyah, Siti, S. Sumardi, Rosarina Giyartini, and ... 2021. “Rancangan Prototype Flashcard Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Rumah Adat Jawa Barat Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of … 5(1):113–24.

P, Krishna Huda Bagus, Achmad Buchori, and Aurora Nur Aini. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 6(1):61–69.

Partiwi, Arini. 2019. “Pengenalan Pemicu Pemanasan Global Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Desktop.” Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa 24(1):46–57. doi: 10.35760/tr.2019.v24i1.1933.

Ramadhan, Aditya Fajar, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman. 2021. “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR).” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi 2(2):24–31.

Suryani, Nunuk. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It.” Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya 10(2):186–96. doi: 10.17977/um020v10i22016p186.

Wibowo, Tony, and Sophia Loren. 2021. “Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Desain Grafis Dengan Menggunakan Augmented Reality.” Combines 1(1):728–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v14i2.52915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats