KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI IT GURU TERHADAP ASSESMENT NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK)

Usep Saepul Anwar, Yayat Ruhiat Yayat, Isti Rusdiyani Isti

Abstract


Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan sebuah upaya upaya yang dilakukan Pemerintah dalam bidang pendidikan khususnya dalam perubahan sistem penilaian. Untuk mendalami hal tersebut, dilakukan penelitian di Sekolah Dasar Kecamatan Banjarsari. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial Kepala Sekolah terhadap kesiapan siswa menghadapi ANBK. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Kecamatan Banjarsari. Sampel yang diambil adalah 42 Kepala Sekolah dan 42 guru kelas 5 yang melaksanakan kegiatan ANBK secara mandiri maupun menumpang.Populasi dan sampel juga diambil dari siswa kelas 5 jumlah 150 orang. Pengolahan Berdasarkan data yang diperoleh 57,


Keywords


kompetensi; manajerial; peserta didik; penilaian; asesmen nasional

Full Text:

PDF

References


Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Gustav, R. J. (2020). Apa Itu Asesmen Nasional? Kompas.Com.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019.Tahun 2021, Ujian Nasional Diganti Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter, (Online), https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/tahun-2021-ujian-nasional- diganti-asesmen-kompetensi-dan-survei-karakter, diakses 10 Februari 2022.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan, (Online) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagai- penanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan, diakses 10 Februari 2022.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4). https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461

Sufyarma Marsidin, Elizar Ramli, T. A. N. (2019). Pembinaan Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Halaqah, 1(4).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.52638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats