PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Galih Dwi Novianto, Riche Cynthia Johan, Dadi Mulyadi

Abstract


Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah berbagai aktivitas yang dilakukan secara konvensional menjadi kegiatan jarak jauh atau dalam jaringan. Termasuk pada kegiatan belajar dan mengajar yang tetap dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implikasi pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 terhadap pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah. Metode penelitian yang digunakan, yaitu jenis penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan dari PJJ berdampak besar bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah yang harus beradaptasi dengan keadaan dan kondisi baru ini. Adanya keterbatasan dan kurangnya akan kecakapan dalam penggunaan teknologi informasi membuat pelaksanaan pendidikan jarak jauh terhambat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan sekolah untuk dapat mendukung terselenggaranya pembelajaran pada pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19.


Keywords


Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Pendidikan Jarak Jauh, Problematika

Full Text:

PDF

References


Andiarna, F. and Kusumawati, E. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19’, Jurnal Psikologi, 16(2), p. 139. doi: 10.24014/jp.v16i2.10395.

Firman, F. and Rahayu, S. (2020) ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), pp. 81–89. doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

Herliandry, L. D. et al. (2020) ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp. 65–70. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Kartika, R. (2020) ‘Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19’, Edukasi Dan Teknologi, 1(2), pp. 107–115. Available at: https://www.researchgate.net/profile/Abdul_Latip/publication/341868608_PERAN_LITERASI_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_PADA_PEMBELAJARAN_JARAK_JAUH_DI_MASA_PANDEMI_COVID-19/links/5ed773c245851529452a71e9/PERAN-LITERASI-TEKNOLOGI-INFORMASI-DAN-KOMUNIKASI.

Mamluah, S. K. and Maulidi, A. (2021) ‘Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 869–877. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.800.

Mansyur, A. R. (2020) ‘Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia’, Educational and Learning Journal, 1(2), pp. 113–123. doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.

Maulana, M. A. et al. (2020) ‘Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berdampak kepada yang sama . Pembelajaran semacam ini dapat dilakukan dalam waktu yang sama maupun dalam Kemandirian peserta didik untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran daring dan aktif dal’, Jurnal Advice, 2(2), pp. 112–118.

Nindiati, D. S. (2020) ‘Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa Dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan’, Journal of Education and Instruction, pp. 14–20.

Nur Latifah, A. supena (2021) ‘Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal basicedu, 5(2), pp. 1060–1066.

Primasari, I. F. N. D. and Zulela (2021) ‘Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar’, JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), pp. 64–73.

Siahaan, M. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.

Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Tirajoh, C. V, Munayang, H. and Kairupan, B. H. R. (2021) ‘Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Biomedik : Jbm, 13(1), pp. 49–57. doi: 10.35790/jbm.13.1.2021.31715.

ZAM, E. M. (2021) ‘Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19’, EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), pp. 11–20. doi: 10.51878/edutech.v1i1.176.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v15i2.51689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats