Peningkatan kinerja guru melalui kegiatan supervisi kepala sekolah (548 555) Ijang Kurnia

Ijang Kurnia

Abstract


Pendidikan merupakan suatu inventaris bangsa yang bisa dijadikan modal pembangunan. Sukses tidaknya pendidikan akan menentukan keberlangsungan bangsa dan masa depan. Peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari peningkatan mutu guru melalui kinerja guru yang berkaitan dengan tiga kemampuan dasar yang harus dikuasai guru yaitu kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah sebagai : educator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru, khususnya peran kepala sekolah sebagai supervisor.

Kata Kunci : Kinerja guru, Supervisi akademik, kompetensi guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Ijang Kurnia



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats