INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Hardianto Hardianto, Nofriser Nofriser

Abstract


The problems of education today can be classified into three main problems, namely equity, quality and relevance. This research method is literature study with editing, organizing and finding steps. Data analysis used deductive and inductive techniques. The results of the study are known to overcome educational problems, one of which is by investing in human resources. Investment in human resources will be able to increase the competitiveness of educational institutions. Human capital includes intellectual, emotional, social, fortitude and moral capital. Education is said to be of quality if it meets or exceeds customer expectations both internally and externally. Therefore, improving the quality of education needs to be done by encouraging educators and education staff to increase their knowledge about their work through training, workshops and further studies.

 

Abstrak

Permasalahan pendidikan dewasa ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga permasalahan utama, yaitu pemerataan, kualitas dan relevansi. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan langkah-langkah editing, organizing dan finding. Analisis data menggunakan teknik deduktif dan induktif. Hasil penelitian diketahui untuk mengatasi permasalahan pendidikan salah satunya dengan melakukan investasi sumber daya manusia. Investasi sumber daya manusia akan dapat meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. Modal manusia meliputi modal intelektual, emosional, sosial, ketabahan dan moral. Pendidikan dikatakan bermutu apabila memenuhi atau melebihi harapan pelanggan baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan dengan mendorong tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pekerjaannya mereka melalui pelatihan, workshop maupun studi lanjut.


Keywords


Investasi, Sumber daya manusia, Mutu, Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, H. (2014). Realokasi Kebijakan Fiskal : Implikasi Peningkatan Human Capital dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Perrtumbuhan Ekonomi Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Bina Praja, 6(2), 117–128.

Ali, H., & Hayati, E. (2016). Efektifitas Bantuan Finansial dari Pemerintah Aceh untuk Perguruan Tinggi Swasta terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Aceh Singkil. Serambi Academika, 4(2), 57–66.

Aristo, T. J. V. (2019). Analisis Permasalahan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 25–34.

Bhattacharya, M., Doty, H., & Garavan, T. (2014). The Organizational Context and Performance Implications of Human Capital Investment Variability. Human Resource Development Quartely, 25(1), 87–117.

Blaug, M. (1968). Economics of Education 1. Penguin Books.

BPS. (2020). Angka Anak Tidak Sekolah Menurut Jenjang Pendidikan dan Daerah Tempat Tinggal. Https://Www.Bps.Go.Id/Indicator/28/1984/1/Angka-Anak-Tidak-Sekolah-Menurut-Jenjang-Pendidikan-Dan-Daerah-Tempat-Tinggal.Html.

BPS. (2021). Sarjana yang Menganggur Hampir 1 Juta Orang. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/05/31/Bps-Sarjana-Yang-Menganggur-Hampir-1-Juta-Orang-Pada-Februari-2021.

Chair, M. (2019). Manajemen Mutu Layanan Pada Sekolah Menengah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 66–75.

Diantoro, S. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 dari 70 negara. Https://Perpustakaan.Kemendagri.Go.Id/?P=4661.

Etahfiz.org. (2020). Solusi Mengatasi Permasalahan Ketimpangan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi Jawa dan Luar Jawa. Https://Etahfizh.Org/Solusi-Mengatasi-Permasalahan-Ketimpangan-Kualitas-Pendidikan-Perguruan-Tinggi-Jawa-Dan-Luar-Jawa/.

Khairifah, V. (2020). Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia ada di 10 Negara Ini. Https://Www.Cekaja.Com/Info/Sistem-Pendidikan-Terbaik-Di-Dunia.

Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Perdana, N. S. (2019). Implementasi PPDB Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitaf (Research Approach). DeePublish, Yogyakarta.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Populs, 2(4), 579–596.

Slamet. (2020). Jumlah Guru di Indonesia. Https://Kompaspedia.Kompas.Id/Baca/Infografik/Peta-Tematik/Jumlah-Guru-Di-Indonesia.

Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.

Winarno, & Wahyuni, S. (2015). Pengaruh Modal Manusia dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Kinerja yang Dimediasi oleh Kompetensi Organisasi. Buletin Ekonomi, 13(1), 97–108.

Zed, M. (2008). Metodologi Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v14i1.48669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: [email protected]

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats