PENDIDIKAN YANG AMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Arif Wicaksono, Arina Nurfianti

Abstract


Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pandemic hit in 2020. This pandemic was causing changes in almost all sectors in our life, including education. Most of the education carried out in Indonesia uses the direct / face-to-face/ offline method between educators and students. The spread of COVID-19 is through direct contact or contact with air or surface containing the virus. The unevenness of perceptions, examinations, and existing protocols causes fear of face-to-face education. This research is a review of articles on COVID-19, health and education protocols during the COVID-19 pandemic. Public perceptions including educators, students and families about COVID-19 must be equalized to fight the pandemic together and welcome online education which is the safest option in education during pandemic. 

 

Abstrak

Tahun 2020 terjadi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID19). Pandemi ini menyebabkan perubahan di hampir semua bidang, termasuk pendidikan. Pendidikan yang dilakukan di Indonesia banyak yang menggunakan cara langsung/tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Penyebaran COVID-19 adalah melalui kontak langsung atau bersentuhan dengan barang-barang yang mengandung virus. Belum meratanya persepsi, pemeriksaan, dan protokol yang ada menyebabkan ketakutan untuk melakukan pendidikan secara tatap muka. Penelitian ini merupakan telaah artikel mengenai COVID-19, protokol kesehatan dan pendidikan selama masa pandemi COVID-19. Persepsi masyarakat termasuk pendidik, peserta didik dan keluarga mengenai COVID-19 harus disamakan untuk bersama melawan pandemi dan menyambut pendidikan secara daring yang merupakan pilihan paling aman dalam pendidikan pada masa pandemi. 


Keywords


Pendidikan; COVID-19; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Anugrahana, A. (2020) ‘Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), pp. 282–289. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Christakis, D. A. (2020) ‘School Reopening-The Pandemic Issue That is not Getting its Due’, JAMA Pediatrics, (May), p. E1. doi: 10.1001/jamapediatrics.2020.2068.

COVID-19, G. T. P. P. (2021) ‘Data Sebaran Tanggal 11 Januari 2021’. Jakarta: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Available at: covid19.go.id/.

Dalam Negeri, K. (2020) Pedoman Tatatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440 - 830 Tahun 2020. Indonesia: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

van Doremalen, N. et al. (2020) ‘Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1’, The New England Journal of Medicine, (March), pp. 1–3. doi: 10.1056/NEJMc2004973.

Duan, G. (2020) ‘Virology, Epidemiology, Pathogenesis, and Control of COVID-19’, viruses, 12(372), pp. 1–17. doi: 10.3390/v12040372.

Esposito, S. and Principi, N. (2020) ‘School Closure during the Coronavirus Disease 2019 Pandemic’, JAMA Pediatrics, (May), pp. E1–E2. doi: 10.1001/jamapediatrics.2020.1892.

Gorbalenya, A. E. et al. (2020) ‘The species Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: classifying 2019-nCoV and naming it SARS-CoV-2’, Nature Microbiology, 5(4), pp. 536–544. doi: 10.1038/s41564-020-0695-z.

Indonesia, I. D. A. (2020) Pendapat IDAI mengenai Rencana Transisi Pembelajaran Tatap Muka. Indonesia: Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia. Available at: www.idai.or.id.

Indonesia, W. V. (2020) Pandemi COVID-19 dan Pengaruhnya terhadap Anak Indonesia. Tangerang Selatan. Available at: www.wahanavisi.org.

Indrawati, B. (2020) ‘Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 39–48. doi: 10.31599/jki.v1i1.261.

Kamps, B. S. and Hoffmann, C. (2020) COVID Reference. 1st edn. Edited by R. Camp. Hamburg: Steinhauser Verlag.

Karim, B. A. (2020) ‘Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis)’, Education and Learning Journal, 1(2), pp. 102–112. doi: 10.33096/eljour.v1i2.54.

Kementerian Kesehatan (2020) Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID19) Revisi ke-4. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ketenagakerjaan, K. (2020) Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Masa Pandemi COVID-19. Indonesia: Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Klompas, M., Baker, M. A. and Rhee, C. (2020) ‘Airborne Transmission of SARS-CoV-2’, Journal of American Medical Association, (July), pp. E1-2. doi: 10.1001/jama.2020.12458.

Latip, A. (2020) ‘Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19’, EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), pp. 108–116. doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Muhammad, H. (2020) ‘Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi: Tantangan dan Peluang’, Kemendikbud. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, p. 22.

Nizam (2020) ‘Paparan Kebijakan Pendidikan Tinggi Masa Pandemi Covid-19’, Paparan Kebijakan Pendidikan Tinggi Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Organization, W. H. (2020) COVID-19 Strategy Update, Covid-19 Strategy Update. Geneva: World Health Organization. Available at: WWW.who.int/emergencies/en.

Organization, W. H. (2021) ‘WHO Coronavirus Disease Dashboard’. Geneva: World Health Organization. Available at: covid19.who.int/.

Pendidikan dan Kebudayaan, D. (2020) Surat Dinas Dikbud Kalbar tentang Perpanjangan Masa Belajar di Rumah. Indonesia: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat.

Pendidikan Tinggi, D. J. (2020) Buku Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: www.dikti.kemdikbud.go.id.

Pontianak, W. (2020) Surat Edaran Walikota Pontianak untuk Pendidikan.pdf. Indonesia: Pemerintah Kota Pontianak.

Sumantyo, F. D. S. (2020) ‘Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 81–92. doi: 10.31599/jki.v1i1.266.

Tanjungpura, U. (2020) Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19 di Lingkungan Universitas Tanjungpura, SE Rektor Untan. Indonesia: Universitas Tanjungpura. Available at: www.untan.ac.id.

Wicaksono, A. and Nurfianti, A. (2020) Penyakit Virus Korona-19. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

World Health Organization (2020) ‘Pencegahan dan Pengendalian Infeksi ( PPI ) untuk Novel Coronavirus ( COVID-19 )’. Geneva: World Health Organization. Available at: https://www.who.int.

Zhou, W. (2020) The Coronavirus Prevention Handbook. New York: Skyhorse Publishing. Available at: www.skyhorsepublishing.com.




DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.44340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats