ANALISIS ESTETIKA VISUAL SENI LUKIS PADA KARYA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract
The purpose of this paper is to describe the visual aesthetics of the third-grade students' painting based on lines, colors, shapes, and gradations, as well as to explain the type of painting. The method used is a qualitative type with a descriptive approach. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and document review. The results showed that based on the elements of fine art, the work of students had their beauty based on the perspective of each person who saw it, and there were various types of paintings by students. Still, the types of paintings that often appeared in the lower classes were naturalistic and transparency types. by following under the characteristics of lower-class students.
Keywords: Painting, Visual Aesthetics, Children Painting Type.
Abstrak
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan estetika visual karya seni lukis peserta didik kelas III berdasarkan garis, warna, bentuk, dan gradasi serta menjelaskan tipe lukisan. Metode yang digunakan menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan unsur-unsur seni rupa, karya peserta didik memiliki keindahannya masing-masing berdasarkan sudut pandang setiap orang yang melihatnya, serta terdapat tipe lukisan peserta didik yang beragam, namun tipe lukisan yang sering muncul di kelas bawah adalah tipe naturalistik dan tipe transparansi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas bawah.
Kata Kunci: Seni Lukis, Estetika, Tipe Lukisan Anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerja sama dengan STAIN Jember Press.
Kartika, D. S. (2017). Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.
Moleong, L. j. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pamadhi, H. (2012). Pendidikan Seni. Yogyakarta: UNY Press.
Hajar Pamadhi, Evan Sukardi, A. M. (2011). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rustandi, T. (2009). Pintas Melukis Dengan Cat Akrilik. Jakarta Selatan: PT. Wahyu Media.
Sumanto. (2011). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Nelwandi Nelson. (2016). Kreativitas dan Motivasi Dalam Pembelajaran Seni Lukis. Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 42–58.
Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2020). Estetika Karakter Animasi Pada Media Komunikasi Sosial Dengan Kategori Audience Remaja. Jurnal Bahasa Rupa. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i1.576
Siswantari, H., & Setyaningrum, F. (2019). Estetika Persepsi Sebagai Konsep Pengembangan Tari Islami Di Perguruan Tinggi Islam. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 243. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i6
Sunarto, S. (2017). Estetika Dalam Konteks Pendidikan Seni. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1216
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v14i1.43312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.